SELASA , 25 SEPTEMBER 2018

Program IlhamSAH Prioritaskan IRT

Reporter:

Jejeth Aprianto

Editor:

Ridwan Lallo

Sabtu , 10 Februari 2018 13:37
Program IlhamSAH Prioritaskan IRT

int

BANTAENG, RAKYATSULSEL.COM – Bakal Cabup Bantaeng, Ilham Azikin menemui warga di Desa Kayuloe dan Kelurahan Onto, Kecamatan Bantaeng. Warga di dua daerah ini berharap banyak untuk program-program pemberdayaan perempuan.

Warga Desa Kayuloe, Nurjannah mengatakan, sebagian besar Ibu Rumah Tangga (IRT) di daerah ini tidak memiliki pekerjaan. Sebagian besar mereka hanya mengandalkan hasil pertanian yang dikelola oleh suami mereka.

Dia berharap, ibu rumah tangga di daerah ini bisa mendapatkan penghasilan sendiri. Menurut dia, ibu rumah tangga punya waktu luang yang cukup banyak untuk berkreativitas dan berpenghasilan.

“Kalau semua perempuan di daerah ini punya pekerjaan sampingan, tentu anak-anak di daerah ini akan mudah bersekolah,” kata dia.

Dia juga mengaku, Desa Kayuloe juga sangat membutuhkan bantuan infrastruktur. Beberapa di antaranya adalah lampu jalan dan jaringan telepon seluler.

Dalam kesempatan itu, Ilham Azikin mengaku salah satu program prioritas dari pasangan IlhamSAH adalah bantuan modal usaha berbasis RT dan RW. Berkat bantuan modal ini, ibu rumah tangga bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

“Jadi setelah pekerjaan di rumah selesai, maka kaum perempuan juga bisa bekerja untuk mendapatkan penghasilan tambahan,” jelas dia.

Terkait dengan infrastruktur, Ilham Azikin mengaku, tugas utama pemerintah adalah memberikan kepastian dan keteraturan. Lampu jalan dan jaringan telepon adalah tugas Pemerintah.

“Saat bertugas di pemerintahan, kami pernah melakukan kerja sama dengan provider. Itu sangat bisa dilakukan oleh Pemerintah,” terangnya.

Hal yang sama juga diungkapkan di Keluraha Onto. Dia mengatakan, tugas bantuan modal usaha berbasis RT dan RW memang akan memprioritaskan untuk peningkatan kesejahteraan warga. Terutama Ibu Rumah Tangga (IRT).

Dia mengatakan, melalui bantuan modal usaha, maka akan tercipta lapangan kerja yang makin banyak di Bantaeng.

“Kita berharap saudara-saudara kita yang keluar daerah atau keluar negeri untuk mencari kerja akan kembali di Bantaeng karena di sini, lapangan kerja sudah terbuka,” ungkapnya.

Selain itu, program-program yang pro terhadap pertanian juga akan dilakukan. Salah satunya adalah asuransi pertanian dan menjamin ketersediaan pupuk dan benih.

“Jika gagal panen, maka kerugian petani akan diganti oleh pemerintah,” jelas dia.

Selain ke Onto dan Kayuloe, Ilham Azikin juga berkunjung ke Bissampole dan Karatuang. Ratusan warga juga menyambut kunjungan Ilham Azikin di kedua daerah ini. (*)


div>