SABTU , 17 NOVEMBER 2018

Program Kupas Tas Disdukcapil Kembali Sasar Warga Untia

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Senin , 14 Agustus 2017 10:33
Program Kupas Tas Disdukcapil Kembali Sasar Warga Untia

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar, Nielma Palamba.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Sejak diluncurkan awal 2017 lalu, program Kupas Tas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar, mendapat respon yang sangat antusias dari warga.

Layanan Kupas Tas ini adalah layanan jemput bola yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar, yang kerap digelar di luar hari kerja (libur). Seperti yang tampak, Sabtu (12/8), program ini kembali menyasar waga yang bermukim di Kelurahan Untia, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar.

Kepala Dinas Dukcapil Makassar, Nielma Palamba, menyampaikan bahwa Kupas Tas merupakan program penerbitan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), kartu keluarga (KK), pencatatan akta kelahiran dan kartu anak Makassar, yang menjadi program rutin di instansinya.

“Pelayanan Kupas Tas ini, sudah diprogramkan secara rutin dengan sasaran warga rentan administrasi kependudukan, kita gelar pada hari libur karena umumnya warga tidak sempat mengurus karena kesibukan masing-masing pada hari kerja,” terang Nielma Palamba diberitakan Rakyat Sulsel, Senin (14/8).

Melalui program pelayanan Kupas Tas ini, diklaimnya bisa tuntas dalam sehari, sehingga sangat membantu masyarakat, khususnya yang membutuhkan kelengkapan administrasi tanpa melalui proses yang panjang.
Ia menambahkan, Kupas Tas ini juga ditujukan untuk pemuktahiran data kependudukan, dimana tim akan terjun langsung ke lokasi yang dianggap masih rentan kelengkapan dokumen kependudukannya.

“Adapun jenis pelayanan Kupas Tas ini meliputi perekaman KTP-el, penerbitan akte kelahiran, pengurusan berkas Kartu Anak Makassar (KAM), dan perbaikan penerbitan Kartu Keluarga (KK). Kita menyisir komunitas penduduk yang rentan atau belum mempunyai surat-surat administrasi kependudukan, sehingga warga yang belum mempunyai dokumen itu akan mudah mendapatkan melalui layanan Kupas Tas,” pungkasnya.

[NEXT-RASUL]

Hal ini, kata dia, juga sejalan dengan semangat “Makassar Dua Kali Tambah Baik dan Jangan Biarkan Makassar Mundur Lagi”. Warga yang mengurus kelengkapan administrasi kependudukan melalui layanan Kupas Tas tersebut, juga menyatakan cukup puas dengan penerapan program Disdukcapil Makassar itu.

Dg Basse, warga Kelurahan Untia, Kecamatan Biringkanaya, mengaku sangat terbantu dengan adanya layanan Kupas Tas di kelurahannya ini. “Sangat terbantu dengan adanya layanan ini. Warga tidak perlu jauh-jauh datangi kantor catatan sipil yang letaknya sangat jauh di perbatasan kota bagian selatan,” ujar Dg Basse.

Selain Kelurahan Untia, Kecamatan Biringkanayya, sebelumnya, layanan Kupas Tas ini juga telah menyasar warga di Kelurahan Kapasa, Kecamatan Tamalanrea pada Sabtu, 1 April 2017 lalu. Layanan ini diadakan saat akhir pekan yang menyasar daerah pinggiran kota yang jauh dari pusat pelayanan kependudukan Kota Makassar. Tujuannya tak lain untuk mendekatkan pemerintah kepada masyarakat dengan pelayanan kependudukan. (***)


div>