SABTU , 17 NOVEMBER 2018

Program Nawacita, Bantaeng Bakal Terima 4.000 Sertifikat Gratis

Reporter:

Jejeth

Editor:

Lukman

Jumat , 16 Maret 2018 22:20
Program Nawacita, Bantaeng Bakal Terima 4.000 Sertifikat Gratis

ILUSTRASI

BANTAENG, RAKYATSULSEL.COM – Kepala Badan Pertanahan Nasional dan Tata Ruang Bantaeng, Andi Yusri, memastikan Kabupaten Bantaeng akan memperoleh sekitar 4.000 sertifikat gratis yang diperuntukkan bagi masyarakat lewat program Nawacita Presiden Joko Widodo.

Jatah sertifikat untuk Bantaeng tersebut akan dibagi kepada tiga desa di daerah ini yakni, Desa Pattallassang memperoleh 250 bidang sertifikat, Lonrong 1000 bidang, Bonto Lebang dan Desa Layoa 500 petak sertifikat.

“Program ini sudah tahun kedua digulirkan dan untuk tahun 2018 ini Bantaeng dapat alokasi program sebanyak 4000 ribu bidang tanah,” kata Andi Yusri, di ruang kerjanya, Jumat, 16 Maret 2018.

Dia menjelaskan, semua biaya yang timbul dari program pensertifikatan tanah ini seluruhnya ditanggung atau dibiayai oleh negara. Hanya saja, ada beberapa item yang mesti disiapkan pembiayaannya oleh masyarakat.

“Setiap warga yang akan disertifikatkan lahannya mesti menyiapkan dana sekitar Rp250 ribu. Dana ini untuk membiayai pembelian materai, pemasangan tanda batas/patok lahan, biaya dokumen alas hak yang belum memiliki dasar,” ujarnya.

Permintaan dana kepada masyarakat itu, lanjutnya, didasarkan atas keputusan bersama tiga menteri tentang pembiayaan persiapan pendaftaran tanah sistematis. Selain itu juga masyarakat dikenakan pembayaran pajak BPHTB.

“Penarikan biaya administrasi Ini juga dikuatkan dengan Perbup No 38 tahun 2017 tentang pembiayaan persiapan pendaftaran tanah sistematis,” ujarnya.

Untuk itu Andi Yusri mengimbau, masyayarakat yang ingin mengurus sertifikat agar dapat menyiapkan dan melengkapi dokumen tanah guna memudahkan pengurusannya. Karena diupayakan akhir 2018 seluruh sertifikat sudah bisa diterima pemiliknya. (*)


div>