SELASA , 11 DESEMBER 2018

Progres Penerapan Sistem Smart Parking

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Jumat , 15 September 2017 12:30
Progres Penerapan Sistem Smart Parking

PROGRAM SMART PARKING. Ratusan motor terparkir di kawasan Panakukang, belum lama ini. Dok, RAKYATSULSEL

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Perusahaan Daerah (PD) Parkir Makassar Raya akan mulai memberlakukan sistem perparkiran online, Oktober 2017 mendatang. Ini untuk mewujudkan program smart parking yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota Makassar.

Direktur PD Parkir Makassar Raya, Irianto Ahmad mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan survei pemetaan wilayah titik-titik parkir yang dimungkinkan akan diberlakukan smart parking ini.

“Langsung lanjut pasca F8, tadi mulai survei titik-titik di kota ini. Nanti titik ini saya sudah arahkan tim untuk membagi tiga daerah klasifikasinya, daerah padat, sedang dan tidak padat,” kata Irianto Ahmad, Kamis (14/9) kemarin.

Lanjut Anto, sapaan Irianto, bahwa untuk memaksimalkan penataan wilayah ini dibutuhkan waktu hingga sepekan atau lebih dari 10 hari. Sehingga kata dia, progres smart parking ini bisa mulai diberlakukan awal Oktober nantinya.

Penetapan smart parking metode online ini akan diprioritaskan di wilayah padat kendaraan pengguna jasa parkiran, misalnya di Pasar Butung yang berlokasi di Jl Sulawesi.

Ia menjelaskan, tujuan dilakukan survei ini untuk menentukan efektivitas titik parkiran dan demi memberikan kesejahteraan terhadap seluruh juru parkir (jukir).

“Untuk kesejahteraan jukir tetap ada sharing kita lakukan, tapi sekarang tidak lagi berupa tunai. Kita sudah profesionalkan dibuatkan ATM para jukir, setiap saat bisa pantau lewat HPnya,” kata Anto.


div>