RABU , 13 DESEMBER 2017

Proyek Drainase Lakalili Dilalui Rel Kereta Api

Reporter:

Editor:

Sofyan Basri

Minggu , 22 Oktober 2017 19:32
Proyek Drainase Lakalili Dilalui Rel Kereta Api

Tampak saluran pembuang Lakalili di Kelurahan Mallawa Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru yang bakal dilalui rel kereta api, Jumat (22/10).

BARRU, RAKYATSULSEL.COM– ‎Pembangunan rel kereta api yang berada diwilayah Kabupaten Barru tidak hanya memangkas dan melalui sekolah serta sejumlah perbukitan dan persawahan di daerah Kabupaten Barru.

Namun proyek nasional itu juga melalui saluran drainase pembuang Lakalili yang sudah rampung beberapa waktu lalu. Luas saluran Lakalili yang akan dilalui jalur rel kereta api sesuai dengan luas badan jalan rel kereta api diperkirakan mencapai 50 meter.

P‎royek Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru anggaran tahun 2016 lalu, ini sudah terbit berita acara serah terima akhir dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Barru.

‎Kepala Bidang Aset Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Barru, Ahmad Abdillah mengatakan bahwa semua yang dilalui jalur rel kereta api dilakukan ganti rugi baik lahan, tanaman dan bangunan.

“Ada tim verifikasi dari Satuan Kerja (Satker) kereta api ‎yang menghitung setiap bangunan milik pemerintah daerah Barru yang di lalui maupun terkena rel kereta api,” kata Ahmad.

Ia kemudian mencontohkan dua sekolah yang ada di Tanete yang sudah pasti akan dilalui rel kereta api diganti senilai Rp 3 miliar melalui Dinas Pendidikan. “Dana itu masuk ke rekening pemerintah kabupaten,” ujarnya.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya tidak akan keberatan dengan pengambilan lahan saluran Lakalili tersebut. “Ketika nantinya memang masuk dalam area pembangunan rel kereta api, maka akan dikoordinasikan dengan pihak Satker melalui Dinas PU,” pungkasnya. (*)


div>