RABU , 23 MEI 2018

Proyek Jalan Pasar Sentral Dilanjut

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Sabtu , 18 November 2017 09:45
Proyek Jalan Pasar Sentral Dilanjut

Kondisi pembangunan Pasar Sentral Makassar, saat diabadikan belum lama ini. foto: asep/rakyatsulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar bakal melanjutkan pengerjaan jalan disepanjang Jl KH Agus Salim yang selama ini terhambat. Pengerjaan akan dilakukan setelah pedagang yang memdirikan lapak di sepanjang jalan tersebut direlokasi.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto mengatakan, pedagang Pasar Sentral kini sudah direlokasi sehingga pengerjaan Jl KH Agus Salim harus segera dilanjutkan. “Kita segera melanjutkan pengerjaan Jl KH Agus Salim, saat ini saya sudah berkoordinasi untuk melakukan tender ulang,” ungkap Danny, sapaan wali kota, Jumat (17/11) kemarin.

Lanjut Danny, anggaran yang akan digunakan untuk melanjutkan pengerjaan Jl KH Agus Salim bersumber dari APBD. Pasalnya anggaran sebelumnya yang digunakan yaitu Dana Alokasi Khusus dari APBN digunakan untuk Perbaikan di Jl Irian.

“Saya sudah koordinasi, saya lakukan tender ulang karena tender yang lalu itu, sudah mau habis makanya saya pindahkan ke Jl Irian karena saya takut DAK bisa melayang, tapi dana untuk Jl KH Agus Salim ada, dulu kan kita gunakan APBN sekarang menggunakan APBD,” Kata Danny.

Sementara itu, Direktur Utama PD Pasar, Nuryanto Dg Liwang mengatakan setelah relokasi pedagang di Jl KH Agus Salim, pihaknya kembali akan merelokasi pedagang Pasar Sentral yang berada di Jl Wahid Hasyim.

“Intinya dari Pemkot dalam hal ini PD Pasar akan mengembalikan fungsi jalanan merupakan kepentingan masyarakat jauh lebih banyak disitu,” ucap Nuryanto.

Lanjut Nuryanto, relokasi pedagang Pasar Sentral terhambat lantaran adanya perbedaan harga antara pedagang pasar dengan PT. Melati Tunggal Inti Raya (MTIR). Padahal harga loads di New Makassar Mall yang sudah sediakan harganya sudah ditetapkan oleh Pemerintah Kota sesuai dengan SK.

Ia juga menambahkan, PD Pasar sudah menyiapkan ruang bagi pedagang yang belum direlokasi khususnya di Jl Wahid Hasyim dan Jl Cokroaminoto.

“Kita menunggu mudah-mudahan yang lain (PKL sebelah Utara) punya kesadaran dan memberikan contoh. Mudah-mudahan mereka bisa terbangun juga kemudian bersama-sama masuk,” harap Nuryanto. (*)


div>