RABU , 17 OKTOBER 2018

Proyek Rel Kereta Api Trans Sulawesi Belum Dilirik Investor

Reporter:

Editor:

dedi

Selasa , 20 Desember 2016 20:10
Proyek Rel Kereta Api Trans Sulawesi Belum Dilirik Investor

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Walaupun telah mendapat restu boleh menggandeng investor asing dalam kelanjutan pembangunan rel kereta api di Trans Sulawesi. Namun, ternyata sampai saat ini belum ada satupun investor melirik proyek tersebut.

“Sampai saat ini belum ada investor yang melirik, kami pada dasarnya membuka diri keterlibatan swasta. Tadi saya sempat berbincang dengan pak Hasdullah, mengenai sistem pembiayaannya,” kata Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, Selasa (20/12/2016)

Ia menjelaskan, sampai saat ini proyek kereta api sudah mencapai 16 Km itu, khusus pembiayaan tetap menggunakan APBN dan APBD sampai penyelesaian 2019 awal sudah ada yang beroperasi.

“Apa yang dilihat ini memang suatu pekerjaan luar biasa. Artinya, sudah memulai suatu proyek besar di Sulawesi, di luar jawa dan Sumatera. Proyek ini harus segera selesai,” ungkapnya

Mengenai pembiayaan, Budi menjelaskan sistemnya ini bisa berubah, pembangunan tetap dilakukan dengan jarak 30-40 Km dengan APBN setelah itu bisa melibatkan swasta.

“Bisa saja kita selesaikan dulu yang 30-40 Km, nanti pembiayaan selanjutnya dengan mengubah ke arah yang lebih ekonomis. Jadi bisa saja Rp 5 triliun dari swasta dengan sistem cicilan, tapi proyek tetap berjalan,” ungkap Budi.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Andi Hasdullah menyatakan, pemerintah provinsi senantiasa mendukung program ini. Apalagi, menjadi kebanggan untuk kawasan timur.

Tentu diharapkan pembangunannya dapat segera selesai, sehingga pemanfaatannya bisa cepat dirasakan. “Kita terus berharap untuk proyek ini dapat berjalan dengan baik agar pemanfaatannya bisa di nikamati oleh rakyat Sulsel juga,”pungkasnya.


div>