KAMIS , 26 APRIL 2018

Proyek Renovasi Sumur Zam-zam Rampung

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Selasa , 27 Maret 2018 11:41
Proyek Renovasi Sumur Zam-zam Rampung

int

MAKKAH, RAKYATSULSEL.COM – Pengerjaan renovasi yang ada di sekitar sumur air zam zam telah selesai pada Minggu (25/3). Penghalang di area mathof di Masjidil Haram Makkah telah dihilangkan, sehingga akses jemaah ke Ka’bah mulai normal.

Sekedar diketahui, renovasi di sumur zam zam di mulai bulan Oktober 2017, area mathof dibatasi hanya untuk jemaah yang akan melakuan thowaf saja, seperti jemaah pria yang hanya mengenakan kain ihram yang diizinkan thowaf di sekitar Ka’bah.

Pimpinan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci, Syaikh Abdul Rahman Al-Sudais mengatakan, sebanyak 1.000 orang bekerja sebagai insinyur, teknisi dan spesialis ikut andil dalam proyek renovasi di lokasi seluas 3.000 meter persegi tersebut.

Proyek renovasi itu sendiri, dilakukan dalam tiga tahap, yang meliputi peningkatan sistem untuk menyimpan, memompa dan mendistribusikan air zam zam dan memastikan kebersihan serta keamananannya.

Sumur air zam zam terletak sekitar 20 meter dari Ka’bah, diyakini sebagai sumur tertua di dunia, karena telah mengalir selama 5000 tahun lebih. Sumur tersebut dapat memompa air hingga 18,5 liter per detik dan memiliki kedalaman hanya 30 meter.

Sekitar 120 ton air zam zam diangkut setiap hari ke Al-Masjid Al-Nabawi di Madinah al-Munawwarah, melalui tanker khusus guna melindungi air dari kontaminasi. Di Masjid Nabawi, tersedia 7 ribu wadah steril yang didistribusikan di dalam dan di sekitar masjid. (SG, Hrmn)


div>