SABTU , 16 DESEMBER 2017

Proyek Tiga Pintu Kanal Butuh Rp 265 Miliar

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Kamis , 26 Oktober 2017 15:35

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Pekerjaan Umum (PU) berupaya mewujudkan Makassar sebagai kota zero genangan dan banjir. Untuk itu, Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) dan Drainase Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar berencana akan membangun tiga pintu air di Kota Makassar.

Pembangunan tiga pintu air yang rencananya akan dibangun tahun 2018 di Kanal Jongaya, Kanal Senrejala dan Kanal Panampu diperkirakan menelan biaya sebesar Rp 265 miliar.
Kabid Drainase PSDA Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar, Fuad Azis mengatakan, pembangunan tiga pintu air ini untuk mewujudkan Makassar sebagai kota zero genangan air dan banjir.

“Pembangunan tiga pintu air ini, dapat berfungsi sebagai transportasi air di kanal, cuma kewenanganya berada di pihak Balai Besar sehingga usulan pembangunan kanal sudah dibalai pusat yaitu Balai Besar Pusat Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan-Jeneberang,” tandasnya.

Lanjut Fuad Azis, mengatakan jika usulannya dipenuhi maka inovasi Dinas Pekerjaan Umum PSDA dan drainase menuju zero genangan di 2019 bisa lebih cepat terwujud.

“Agar cepat terwujud rencana kami berharap bantuan seluruh stakeholder dan Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) ikut membantu dan terlibat dalam perencanaan ini. Sehingga Makassar sebagai kota zero genangan dan banjir pada 2019 nanti bisa terwujud,” kata Fuad.

Ia menambahkan bahwa kanal yang ada di Kota Makassar sering menjadi masalah ketika banjir melanda karena meskipun sudah dilakukan pengerukan drainase oleh Balai Besar, jika sampah kanal belum teratasi maka tetap akan terjadi genangan.

Untuk itu, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan BBWS Pompengan Jeneberang namun ditolak pasalnya pengerukan kanal akan diserahkan ke pihak ketiga.


div>