Kamis, 24 Agustus 2017

LIGA1 INDONESIA

PSM Tumbang di Kandang PS TNI

Senin , 15 Mei 2017 22:03
Penulis :
Editor   : Anshar Abdullah
RAKYATSULSEL.COM - Trend positif PSM Makassar sebagai tim yang belum terkalahkan, akhirnya prcah. PS TNI sukses membungkam melanjutkan tren positif mereka dengan membungkam pemuncak klasemen PSM Makassar, 2-1 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Senin (15/5).

Bagi PSM, ini menjadi kekalahan perdana di Liga 1. Sementara bagi PS TNI, ini menjadi kemenangan kandang pertama.

Sepanjang Liga 1 2017, PS TNI memang belum tersentuh kekalahan. Laga melawan PSM pun menjadi pertarungan dua tim tanpa kalah dari lima pertandingan Liga 1. Selain keduanya, cuma ada satu tim lain yang belum ternoda, yakni Persib.

Meski belum tersentuh kekalahan, PS TNI sejatinya punya tren kurang sempurna di laga kandang. Dari tiga penampilan di Stadion Pakansari, klub berjuluk The Army itu hanya bisa meraih hasil imbang, masing-masing 1-1 lawan Persiba Balikpapan, 2-2 dari Persib, dan 2-2 dengan Borneo FC. Sementara, dua kemenangan justru diraih di kandang lawan, yakni atas Barito Putera (1-0) dan 2-1 dari Bhayangkara FC (2-1).


Bermain sebagai tuan rumah, PS TNI memang langsung menggebrak sejak awal laga. Pasukan Ivan Kolev memilih mengambil inisiatif menyerang lebih dahulu. AKan tetapi, hingga setengah jam laga berjalan, Elio Bruno Teixeira Martins dan kawan-kawan masih kesulitan menembus gawag PSM yang dikawal Rivki Mokodompit.


Cuplikan pertandingan Liga 1, PS TNI vs PSM Makassar. (Youtube)
Kebuntuan tuan rumah akhirnya pecah pada menit ke-33. Memanfaatkan kemelut di muka gawang PSM, Elio Martins sukses membuka skor dan membawa PS TNI unggul 1-0. Keunggulan itu mampu dipertahankan sampai wasit Handri Kristanto meniup peluit tanda babak pertama tuntas meski gawang Teguh Amiruddin cukup sering dibombardir serangan para pemain PSM.

Selepas jeda, jual beli serangan langsung tercipta. PS TNI masih mengandalkan efektivitas permainan dalam mengancam gawang PSM. Sepuluh menit sekembali dari ruang ganti, gol kedua langsung tercipta. Kali ini, Elio Martins gantian berperan sebagai penyuplai untuk gol penyerang asal Argentina, Leonel Jorge Nunez, melalui bola sepakan kaki kanannya yang menembus gawang PSM.

Akan tetapi, PSM tak lantas patah arang. Mengendurnya tekanan PS TNI dimanfaatkan anak asuh Robert Rene Alberts untuk gantian menekan. Kerja keras Pasukan Ramang -julukan PSM- akhirnya meraih hasil pada menit ke-76 setelah Reinaldo Elias da Costa mengkonversi umpan silang Titus Bonai dengan sepakan akrobatik yang menjadi gol.

Gol itu membangkitkan kepercayaan diri PSM. Pada sisa laga, tim tamu terus melancarkan tekanan ke jantung pertahaan PS TNI. PSM bahkan nyaris mencetak gol penyeimbang pada pengujung laga andai bek sekaligus kapten tim, Hamka Hamzah, tak menyia-nyiakan peluang emas.

PS TNI akhirnya bisa mengunci kemenangan 2-1 sampai wasit meniup peluit akhir pertandingan. Hasil ini membawa mereka melesat ke posisi ketiga klasemen dengan poin 12, sama dengan Persib yang berada di atasnya, tapi unggul selisih gol. Sementara, PSM belum tergeser dari puncak klasemen dengan keunggulan satu angka.