PT KIMA Bantah Soal Pembuangan Limbah

Pembuangan limbah PT Kima. Foto: Suryadi/RakyatSulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pihak PT Kawasan Industri Makassar
(KIMA) membantah soal pembuangan limbah yang menyebabkan bau tidak sedap yang berada di Kecamatan Biringkanaya, Makassar.

Sekretaris PT KIMA,  Imran Yamin mengatakan, persoalan bau limbah di area sekolah Yayasan Pratiwi Nusantara bukan berasal dari limbah dari PT KIMA, melainkan campuran dari pembuangan warga ke saluran pembuangan.

“Proses pembuangan limbah KIMA sudah memenuhi syarat baku mutu, karena proses limbah sudah memenuhi ketentuan sesuai regulasi Badan Lingkungan Hidup (BLHD) Sulsel. Jika terdapat bau, itu campuran dari pembuangan warga dan pasar ke saluran pembuangan,” ujarnya, Sabtu (12/7).

Dia menambahkan, pihak KIMA sangat konsisten dengan dengan menjaga lingkungan. Pembuangan limbah juga sesuai Instalasi pengolahan air limbah (IPAL).

“KIMA sangat konsen terhadap lingkungan. Apalagi konsen menjaga investor yang ada di dalam perusahaan,” tambah Imran.

Keterangan ini, sebagai klasifikasi untuk menepis isu yang berkembang. Hal ini juga untuk tidak berdampak bias di masyarakat dan publik.

Seperti diberitakan sebelumnya, ratusan murid Sekolah Dasar (SD) Pertiwi Nusantara yang berlokasi di Kelurahan Kapasa Raya, Kecamatan Bhiringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) harus belajar sambil menutup hidung karena adanya bau busuk.