JUMAT , 17 AGUSTUS 2018

PT Semen Tonasa Kembali Salurkan Pinjaman UKM

Reporter:

Atho Tola

Editor:

asharabdullah

Senin , 26 Februari 2018 14:00
PT Semen Tonasa Kembali Salurkan Pinjaman UKM

Kepala Biro CSR, Ilyas HM saat menyerahkan secara simbolis pinjaman modal kerja, tahap I kepada UKM Penerima, di Ruang Rapat Lantai 6 Kantor Pusat PT. Semen Tonasa, Senin (26/02). Foto: Atho/RakyatSulsel

~ Siapkan Dana Rp11,5 M di Tahun 2018

PANGKEP, RAKYATSULSEL.COM – PT Semen Tonasa kembali menyalurkan dana kemitraan, pinjaman modal kerja tahap I tahun 2018 di Lantai 6 Kantor Pusat PT Semen Tonasa, Senin (26/02).

Penyaluran bantuan yang merupakan bagian dari program Tonasa Mandiri ini berasal dari dana CSR Tonasa yang diserahkan langsung Kepala Biro CSR, Ilyas HM, mewakili Direktur Utama.

Pada tahap pertama ini, sebanyak 105 UKM menerima bantuan dengan total pinjaman Rp 2,1 miliar, dimana keseluruhan UKM meliputi ring satu sebanyak 20 UKM dengan nilai pinjaman sebesar Rp 370 juta, ring dua 53 UKM dengan nilai pinjaman Rp1,3 miliar, dan ring tiga sebanyak 32 Unit UKM dengan nilai pinjaman Rp458 juta.

Kepala Biro CSR Ilyas HM, mewakili Direktur Utama, yang ditemui usai penyerahan mengatakan, bantuan tersebut merupakan wujud kepedulian perusahaan PT Semen Tonasa kepada para pengusaha kecil, sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Perusahaan Industri semen milik negara tersebut.

“Ini adalah bentuk kepedulaian, sekaligus amanah undang undang, tentang program kemitraan, dimana masyarakat dapat mandiri dan didukung dalam hal peningkatan kesejahteraan”, ungkapnya.

Ia berharap, bantuan ini bisa dimanfaatkan para penerima untuk kepentingan usaha bukan digunakan untuk hal yang berbau konsumtif, karena aliran dana bantuan khusus diperutukan sebagai penggerak usaha dan mendorong peningkatan ekonomi.

“Kami berharap bisa digunakan sesuai peruntukannya, sebagai bantuan modal, maka sedianya digunakan unuk modal usaha,” tutur Ilyas.

Dalam penyaluran ini sejumlah sektor usaha ikut mendapat bantuan diantaranya, sektor industri sebanyak enam UKM, sektor jasa 16 UKM, sektor perdagangan 62 UKM, sektor perikanan sembilan UKM dan sektor peternakan 12 UKM.

Sebelumnya ditahun 2017 melalui 10 tahap penyaluran, dana progam kemitran PT. Semen Tonasa berhasil menyalurkan dana sebesar Rp 12 miliar kepada 634 unit UKM atau 112 % dari rencana anggaran yang ada. (*)


div>