JUMAT , 21 SEPTEMBER 2018

PT Vale Capai Kesepakatan dengan Warga

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Senin , 13 Maret 2017 11:54
PT Vale Capai Kesepakatan dengan Warga

Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam (kedua kanan depan) menjadi mediator pertemuan PT Vale Indonesia dengan warga di Kantor Taman Antar Bangsa PT Vale Sorowako, Senin (13/3). foto: rahim/rakyatsulsel.

LUWUTIMUR, RAKYATSULSEL.COM – Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur untuk memfasilitasi warga dengan PT Vale Indonesia terkait harga pembayaran ganti rugi atas lahan warga yang dilalui pipa minyak Vale akhirnya tuntas.

Warga dan PT Vale akhirnya menemui titik temu nilai pembayaran sebesar Rp50 ribu sampai Rp55 ribu per meter.

Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam, Senin (13/3), mengatakan, kesepakatan ini diambil setelah melakukan pertemuan di Kantor Taman Antar Bangsa PT Vale Sorowako yang dihadiri perwakilan PT Vale Agus Supriadi dan perwakikan para warga yang selama ini menuntut ganti rugi.

“Kesepakatannya itu, Rp50.000 untuk lahan yang tidak bersertifikat dan Rp55.000 untuk lahan yang memiliki sertifikat,” jelasnya.

Irwan mengakui, penyelesaian kasus ini sudah berlangsung cukup lama, sejak PT Vale masih bernama PT Inco kasus ini sudah diperjuangkan warga. Dan tiap kali pertemuan selalu terhenti tanpa keputusan, karena antara pemilik lahan dan Vale tidak bisa ketemu di satu titik harga yang disepakati.

“Sekarang kita bersyukur, karena sudah ada titik temu dan sudah ada kesepakatan kedua belah pihak ini tentunya langkah maju untuk kita semua,” ungkapnya.

“Selanjutnya kita tinggal mengawasi sistem pembayarannya saja, diharapkan proses pembayaran nya juga bisa berjalan lancar, sehingga tidak timbul lagi masalah baru,” tambahnya. (***)


div>