SELASA , 23 OKTOBER 2018

PTSP Bakal Rekrut Tenaga Tim Verifikasi IMB

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Jumat , 29 Juni 2018 16:00
PTSP Bakal Rekrut Tenaga Tim Verifikasi IMB

kantor balaikota (ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Penggodokan tim verifikasi IMB di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) Kota Makassar masih dalam tahapan perencanaan dan koordinasi internal tim teknis.

Padahal rencana tersebut sudah ada sejak 2017 lalu. Tujuannya untuk memudahkan PM-PTSP memantau bangunan yang belum memiliki surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di setiap kecamatan.

Kepala Bidang IMB Dinas PM PTSP Kota Makassar, Faisal Burhan mengaku lambatnya realisasi pembentuk tim verifikasi di setiap kecamatan lantaran minimnya sumber daya manusia (SDM) di bidang teknis.

“Inikan baru tahap perencanaan dan koordinasi dengan teman-teman di bidang teknis, karena terkait dengan tim verifikasi ini kan kendalanya di jumlah SDM kita. Ada 15 kecamatan jadi minimal 1 orang di setiap kecamatan, sementara staf teknis kita yang memiliki kemampuan verifikasi itu masih terbatas,” jelas Faisal, Kamis (28/6) kemarin.

Minimnya SDM di tim teknis, kata Faisal tidak menutup kemungkinan nantinya akan ada proses rekrutmen tenaga kontrak untuk tim teknis yang memiliki kemampuan verifikasi. Terlebih saat ini, Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) telah menyusun analisis jabatan (anjab).

Diketahui, triwulan kedua ini capaian untuk retribusi IMB baru mencapai 20 persen dari terget Rp75 miliar. Sebagian besar bersumber dari pengurusan izin baru, dan selebihnya adalah pengurusan peralihan izin bangunan.

Meski begitu, Faisal menilai bahwa potensi retribusi untuk IMB masih minim. Pasalnya, banyak bangunan yang mengantongi IMB untuk fungsi rumah tinggal tapi justru beralih fungsi menjadi tempat usaha seperti kos-kosan, maupun rumah makan.

“Teman-teman peninjau itu memiliki fungsi ganda. Mereka ini melakukan peninjauan di lapangan terkait IMB sekaligus memantau yang ada di wilayah tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PM-PTSP, Andi Bukhti Jufri mengatakan, bahwa tim ini nantinya bakal ditempatkan di seluruh kecamatan untuk memantau kondisi bangunan di wilayah masing-masing.

“Mereka ini memantau jangan sampai ada bangunan baru tidak ada izinnya. Sementara kita susun rencana ini,” singkatnya. (*)


div>