MINGGU , 23 SEPTEMBER 2018

PU Pangkep Siapkan Rp1,1 Miliar untuk Program TMMD

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Senin , 13 Maret 2017 13:42
PU Pangkep Siapkan Rp1,1 Miliar untuk Program TMMD

Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia, Basuki Hadimuljono (tengah) bersama sejumlah perwira tinggi AD di Auditorium, Kantor Kementerian PUPR. Saat ini Dinas PUPR dan TNI galakkan program TMMD, dimana Pangkep juga menjadi Proyek Program Membangun Desa tersebut. foto: atho tola/rakyatsulsel.

PANGKEP, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Pangkep pada tahun ini mengucurkan anggaran senilai Rp1,1 miliar untuk membantu merealisasikan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD). Program tersebut merupakan program dari Tentara Nasional Indonesia (TNI), tetapi dalam pengerjaannya program ini bekerja sama dengan pihak Dinas Pekerjaan Umum.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Pangkep, Sunandar, Senin (13/3), menjelaskan, anggaran Rp1,1 miliar tersebut akan dibagi dalam beberapa bidang yang ada di dinasnya, seperti bidang jalan yang akan dikucur anggaran sebesar Rp700 juta, bidang irigasi dan air baku mengucurkan anggaran Rp200 juta, dan Bidang sungai dan pantai yang mengucurkan anggaran senilai Rp250 juta.

“Kita siapkan di APBD dan sumbar anggarannya kita gunakan dari sejumlah bidang yang terkait, seperti bidang jalan, irigasi, dan bidang sungai, dan pantai,” jelasnya.

Sunandar menambahkan, jika dalam program tersebut nantinya, pihak TNI dan Dinas PU Kabupaten Pangkep, akan membangun desa, baik dari segi infrastruktur maupun hal lainya. Pada program TMMD di Kabupaten Pangkep pada tahun ini, akan dipusatkan di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Balocci dan Kecamatan Tondong Tallasa.

“Untuk pembangunan jalan di Kampung Bonti, Kelurahan Balocci, Pangdam VII Wirabuana meminta agar jalan tersebut nantinya dapat menjadi jalan percontohan. Karena jalan tersebut diapit oleh dua gunung. Dari segi lokasi, sulit bagi kita membangun jalan di daerah tersebut. Tapi kita tetap akan lakukan pembangunan jalan tersebut,” ungkap Sunandar.

Sementara, Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Republik Indonesia, Basuki Hadimuljono, dalam acara Rakornas TMMD di Kantor Kementerian PUPR, Kamis (9/3) menuturkan, pihaknya sangat mendukung program TMMD yang digalakkan TNI. Pihaknya pun berkomitmen untuk terus berupaya bersinergi bersama dengan TNI untuk bersama membangun masyarakat.

“Kekuatan negara NKRI tidak lagi diukur dari ketersediaan alutsista yang dimiliki. Namun, lebih dari itu, kekuan negara dapat diukur saat masyarakat bekerja sama dengan TNI secara bersama membangun dan memajukan negara ini, khususnya bagi daerah dan masyarakat pedesaan,” tuturnya. (***)

 


div>