SELASA , 18 DESEMBER 2018

PU Siap Tender Proyek Pintu Air Urip

Reporter:

asharabdullah

Editor:

Senin , 23 April 2018 13:09
PU Siap Tender Proyek Pintu Air Urip

Ilustrasi. foto: net

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar mengaku siap melakukan tender untuk proyek pembangunan rumah pompa dan pintu air di Jl Urip Sumoharjo sebelum bulan April berakhir.

Proyek senilai Rp3,15 miliar dari anggaran APBD 2018 ini sejatinya sudah direncanakan tahun lalu. Hanya saja gagal terealisasi karena keterbatasan anggaran.

“Pintu air yang di Jl Urip Sumoharjo, perencanaannya sudah ada. Secepatnya kita akan melakukan tender, targetnya memang cepat harus bulan ini,” kata Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) dan Drainase, Fuad Azis, Minggu (22/4) kemarin.

Ia berharap agar proyek ini tidak memiliki kendala, sehingga bisa ditender bulan ini. Menurut dia, kinerja bidang bimbingan teknik (bintek) dalam mempercepat perencanaan proyek tersebut juga patut diacungi jempol.
“Mudah-mudahan tidak ada kendala, kalau tidak bisa kita jadwal ulang lagi,” jelas dia.

Keberadaan rumah pompa dan pintu air ini juga diharapkan bisa mewujudkan Makassar menuju 0 persen genangan. Terlebih, tahun ini pemerintah mendapatkan bantuan pembangunan kolam retensi di halaman kantor gubernur oleh pihak JICA salah satu perusahaan dari Jepang.

Keberadaan kolam retensi tersebut nantinya akan berfungsi sebagai waduk tunggu untuk mengantisipasi genangan di Jl Urip Sumoharjo. Kolam tersebut juga nantinya memperlambat laju air sampai ke kanal sehingga kanal tidak langsung penuh ketika diguyur hujan deras.

“Jadi selain kita lakukan pengerukan sedimentasi secara rutin, kita juga membangun rumah pompa dan pintu air disana, apalagi kita mendapat bantuan pembangunan kolam retensi di halaman kantor gubernur, kita berharap agar di lokasi itu bisa 0 persen genangan, itu upaya yang kita lakukan saat ini,” jelasnnya.

Lanjutnya, upaya antisipasi genangan yang berpotensi banjir sudah jauh-jauh hari dilakukan Dinas PU. Bahkan, Januari lalu pihaknya sudah melakukan optimalisasi peningkatan kinerja sumber daya manusia (SDM) Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA).

Selain itu, pihaknya juga sudah memperbaiki seluruh pintu air yang ada untuk mengantisipasi adanya genangan ketika air laut sedang pasang. Dia bahkan telah mengoptimalkan kinerja pompa mobile yang dimiliki pemerintah.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Teknik (Bintek) Dinas PU Kota Makassar, Ansuard mengatakan khusus perencanaan pembangunan rumah pompa dan pintu air di Jl Urip Sumoharjo sudah rampung, hanya tinggal melewati proses lelang sebelum dilakukan pengerjaan fisik.

“Sudah selesai perencanaannya tinggal dilaksanakan pengerjaan fisik. Dokumennya sudah kita serahkan ke bidang terkait. Inikan program tahun lalu, tapi tidak terealisasi, makanya direncanakan kembali tahun ini,” jelas Ansuard. (*)


div>