KAMIS , 22 NOVEMBER 2018

PU Tambah Both di Kanre Rong Karebosi

Reporter:

Armansyah

Editor:

Iskanto

Sabtu , 03 November 2018 10:00
PU Tambah Both di Kanre Rong Karebosi

PKL Center Karebosi. Foto: Andri/RakyatSulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar berencana akan menambah puluhan both di Kanre Rong Karebosi, Jalan RA Kartini. Both itu nantinya akan ditempatkan di lahan kosong dekat musallah dan beberapa lahan kosong lainnya di wilayah tersebut.

Kepala Seksi Bangunan Gedung Pemerintah Dinas PU Makassar, Juli Nurul mengatakan telah mengalokasikan anggaran melalui APBD Perubahan sebesar Rp1,8 miliar untuk rehabilitasi both yang diperoleh dari CSR.

“Kita ada both bantuan dari Myko, itu yang kita perbaiki untuk melengkapi kebutuhan di Karebosi,” kata Juli. Jumat (2/11).

Lanjut Juli, ada sekira 80 unit both yang akan diperbaiki menggunakan anggaran tersebut. Mayoritas both disiapkan untuk kawasan Kanre Rong Karebosi, sementara sisanya menyesuaikan lokasi penempatan. Anggaran perbaikan setiap bothnya berkisar Rp18 juta hingga Rp19 juta.

Rehabilitasi puluhan both ini sementara dalam proses lelang di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Harapannya, pemenang tender bisa segera diumumkan sehingga perbaikan both cepat dilakukan.

“Kamis pekan lalu kita setor berkasnya di ULP dan sekarang sementara proses lelang,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas PU Kota Makassar, Muh Ansar mengatakan, penambahan both tersebut bertujuan untuk melengkapi kebutuhan pedagang disana.
“Disana kan masih ada beberapa lahan kosong, nah itu yang mau kita tambah bothnya,” ungkapnya.

Diketahui, saat ini sudah berdiri 235 both di kawasan tersebut. 225 both dibangun PU menggunakan anggaran APBD senilai Rp3 miliar dan 10 both lainnya merupakan CSR. Selain itu, kawasan tersebut juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas, mulai dari lahan parkir, toilet, gedung pengelola, hingga musallah.

Ditargetkan kawasan ini bisa meningkatkan pendapatan pemerintah hingga Rp7 miliar per tahunnya, dengan perputaran uang mencapai Rp2 juta permalam untuk setiap bothnya. (*)


div>