JUMAT , 16 NOVEMBER 2018

Puluhan IRT Dilatih e-Literasi TIK

Reporter:

Editor:

Niar

Jumat , 17 Maret 2017 11:18
Puluhan IRT Dilatih e-Literasi TIK

int

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Walikota Parepare HM Taufan Pawe membuka Pelatihan e-Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi Ibu Rumah Tangga, yang dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Parepare, di Hotel Bugis, Jum’at (17/03/2017). Kegiatan diikuti oleh puluhan IRT dari berbagai elemen se-Kota Parepare.

Kegiatan dihadiri Kepala Balai Besar Pengkajian Dan Pengembangan komunikasi Dan Informatika (BBPPKI) Makassar Ruslan Harun, Kepala Dinas Kominfo Parepare Zahrial Djajar, dan Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Parepare Ernawati Rasyid.

Kepala Bidang (Kabid) Informasi dan Komunikasi (Infokom) Diskominfo Parepare selaku Ketua Panitia, Junaedi, mengatakan, pelatihan tersebut untuk memberikan keterampilan dasar bagi IRT, dalam penggunaan internet secara prdoduktif dan positif. Selain itu, kata dia, untuk meningkatkan pengetahuan tentang TIK bagi IRT.

“Selain teori, dalam pelatihan ini juga ada praktik dalam penggunaan TIK secara sehat. Kami berterima kasih kepada Wali Kota Parepare atas bantuan, dukungan dan fasilitas yang diberikan sehingga kegiatan ini bisa terlaksana,” katanya.

Sementara, Kepala BBPPKI Makassar, Ruslan Harun, menjelaskan, pelatihan e-Literasi tersebut merupakan program prioritas dari Diskominfo Makassar. “Parepare tidak tercantum, tapi atas permintaan Kadis, maka kami laksanakan,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, dari 24 Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan, hanya ada empat yang mendapatkan kesempatan pelatihan tersebut yaitu, Bulukumba, Pinrang, Bantaeng, dan Parepare. “Diskominfo diharapkan jadi ujung tombak di daerah, dan bisa memberikan solusi dalam pengembangan TIK dengan memberikan pelatihan-pelatihan,” jelasnya.

Dia mengaku, pihaknya siap memfasilitasi Pemkot Parepare, untuk melaksanakan kegiatan TIK pada tahun-tahun berikutnya. Sehingga, lanjutnya, pihaknya berharap kepada IRT agar waktu pelatihan ini dimanfaatkan dengan maksimal. Karena, katanya, sangat mendukung upaya dalam mengikuti perkembangan IT, dan bisa menjadi bekal untuk anak.

Sedangkan, Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe, memaparkan, saat ini Parepare tengah giat-giatnya menuju peradaban yang jauh lebih maju, dengan membawa semangat Parepare sebagai Kota. Apalagi, kata dia, tahun ini telah dicanangkan sebagai tahun kompetisi.

“Dari awal saya tekankan kepada jajaran, supaya tidak mengabaikan informasi, baik informasi positif dan negatif. Setelah itu lakukan koordinasi, dan harus ada impelementasinya,” terangnya.

Taufan mengatakan, dalam era yang serba canggih saat ini, harus diterjemahkan lebih jauh. Apalagi, kata dia, TIK di Parepare bukan sesuatu yang baru, dan jauh sebelumnya telah dipikirkan maupun menjadi perhatian pemerintah.

“Kami juga sudah meminta Kadis Kominfo, untuk menganggarkan lebih kegiatan ini dan berkesinambungan. Karena, kami menanggap Parepare sudah harus sarat dengan teknologi dan informasi. Kami juga mempunyai hak yang sama, tapi dalam menerapkan informasi Parepare harus lebih bagus dari kabupaten,” bebernya.

Taufan mengemukakan, pelatihan tersebut sebagai langkah awal, yang merupakan turunan program-program besar pemerintah dalam bidang TIK. Sehingga, tambahnya, dalam pelatihan kali ini, IRT Bisa memahami dan menjadikan momen yang terbaik, untuk meningkatkan sumber daya yang dimiliki.

“IRT juga bagian dari proses dalam membangun Parepare menuju peradaban yang lebih baik, namun yang positif dan terkontrol. Karena internet ada negatifnya juga. Selain itu, pelatihan ini juga sebagai bentuk berpartisipasi IRT dalam mewujudkan Parepare menuju Smat City,” ungkapnya.‎

Taufan berharap, setelah pelatihan tersebut dilaksanakan, dapat memberikan manfaat kepada IRT. Utamanya, jelasnya, dalam meningkatkan kualitas hidup IRT. “Kami berterima kasih kepada BBPPKI, atas segala kerjasama ddan kontribusi yang telah diberikan,” tandasnya. (Luki)


Tag
div>