MINGGU , 25 FEBRUARI 2018

Punya Perhatian Terhadap Budaya, Panitia “Silariang” Undang Cakka di Pemutaran Perdana di Palopo

Reporter:

Editor:

Ridwan Lallo

Minggu , 21 Januari 2018 23:02
Punya Perhatian Terhadap Budaya, Panitia “Silariang” Undang Cakka di Pemutaran Perdana di Palopo

IST

PALOPO, RAKYATSULSEL.COM – Panitia lokal film Silariang, mengundang khusus calon wakil gubernur Sulsel, Andi Mudzakkar (Cakka) untuk menonton tayangan perdana film tersebut di Platinum Cineplex, di Hipermart Palopo, Senin (22/1).

Anjas Chambank, salah satu panitia lokal mengatakan, sejak dahulu dirinya sudah mengetahui bahwa Andi Mudzakkar yang juga Bupati Luwu, punya perhatian khusus terhadap budaya lokal.

Film Silariang kata dia, mengangkat tema lokal budaya Sulsel, termasuk Luwu. ” Alhamdulillah beliau menyatakan kesiapannya untuk ikut menonton. Bahkan, akan membawa ratusan timnya,” kata Anjas yang juga turun bermain dalam film tersebut kepada wartawan, Minggu (21/1).

Selain Cakka kata Anjas, pihaknya juga akan mengundang para pejabat dan kalangan lainnya untuk menyaksikan film itu.Termasuk Datu Luwu, Andi Maradang Mackulau.

IYL merupakan Calon Wakil Gubernur Sulsel pasangan Ichsan Yasin Limpo itu memang dikenal punya perhatian lebih terhadap budaya. Sejumlah acara besar yang digelar Kedatuan Luwu, Cakka ikut berperan di dalamnya.

Bukan hanya turut ramai, pada beberapa kali kesempatan dia menyerukan agar pelajaran budaya Luwu masuk dalam pelajaran materi pendidikan di sekolah reguler tingkat sekolah dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Diakui atau tidak diakui, perkembangan zaman dan kemajuan teknologi saat ini telah menggeser nilai agama dan budaya kita di Luwu. Generasi penerus di Luwu harus kita kenalkan budaya Luwu di sekolah-sekolah melalui mata pelajaran Muatan Lokal bukan hanya pendidikan di rumah,” ujarnya.

Soal undangan dari panitia lokal Film Silariang, Cakka mengaku akan hadir. “Sebenarnya saya sudah menonton film ini di Makassar. Tapi karena banyak makna dan pelajaran yang terkandung di dalamnya, makanya saya ingin menonton lagi. Katanya, banyak tim yang juga ingin menonton jadi, ayo kita bersama-sama,” ujarnya. (*)


div>