KAMIS , 15 NOVEMBER 2018

Punya Potensi, Vonny Tertarik Kembangkan Kopi Jeneponto

Reporter:

Jejeth Aprianto

Editor:

Iskanto

Kamis , 08 November 2018 16:40
Punya Potensi, Vonny Tertarik Kembangkan Kopi Jeneponto

Vonny Ameliani bersama suaminya, dr. Irsadi

JENEPONTO, RAKYATSULSEL.COM – Calon Legislatif (Caleg) DPRD Sulsel Dapil IV (Jeneponto – Bantaeng – Selayar), Vonny Ameliani bersama suaminya, dr. Irsadi pernah membawa kopi asal Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto untuk dicicipi sejumlah pemilik kedai di Jakarta dan Yogyakarta.

Dia mengatakan bahwa kopi Jeneponto memiliki daya tariknya tersendiri. Ada ciri khas yang dimiliki kopi asal Jeneponto.

” Kopi kita punya ciri khas, ada nuansa rasa madu, yang walaupun diseduh tanpa gula itu tetap ada rasa manis – manisnya,” ungkap Vonny Ameliani, Kamis, (8/11).

Ketika terpilih nanti, ia ingin kopi asal Jeneponto ini dapat dinikmati dan dipasarkan sampai pada tinggkat nasional.

” Kopi asal Jeneponto punya potensi yang besar, kita hanya perlu memberikan pemahaman kepada petani, bagaimana cara pengelolaan kopi berkualitas, agar kedepan ada Pangsa pasarnya. Jadi selain kopinya berkualitas harganya juga menguntungkan petani, ” jelas dia.

Sementara itu, suami Vonny Ameliani, dr Irsadi mengatakan, ia telah pernah bertemu dengan petani kopi di Kecamatan Rumbia. Karena sering merugi, akhirnya banyak petani kopi yang berubah profesi menjadi petani sayur.

” Sekarang masih ada kurang lebih 400 Hektar lahan di Kecamatan Rumbia, tepatnya di dqesa Jenetallasa dan Desa Ujungbulu,” bebernya.

Dia mengungkapkan, bahwa tim yang dia bentuk untuk melakukan riset terkait dengan kopi asal Rumbia ini telah berjalan dua bulan. Tim ini mempelajari komposisi kopi mulai dari cara tanam, perawatan, sampai pada pemetikannya.

” Tim kami sudah pernah riset di rumbia selama dua bulan mempelajari bagaimana terkait komposisi kopi asal Rumbia. Kami pernah membawa sampel ke Jakarta dan Yogyakarta, setelah dicoba beberapa kedai di Jakarta dan Yogyakarta itu meminta sampelnya kembali,” katanya. (*)


div>