SELASA , 23 OKTOBER 2018

Punya Sederet Prestasi, Raih Penghargaan Bergengsi

Reporter:

Editor:

Lukman

Selasa , 19 Juni 2018 14:30
Punya Sederet Prestasi, Raih Penghargaan Bergengsi

int

PEMIMPIN berpengalaman adalah kualifikasi seorang Ichsan Yasin Limpo. Sepuluh tahun memimpin Kabupaten Gowa adalah bukti yang tak terbantahkan. Pengakuan atas kesuksesan itu berujung kepada penghargaan. Ya, berbicara soal penghargaan, Ichsan bak etalase berjalan.

Mulai dari penghargaan bidang pendidikan, kesehatan, kemanusiaan. Bahkan, Ichsan pernah mendapat penghargaan bidang koperasi. Sebagai Tokoh Koperasi di Sulsel. Bidang yang selama ini mungkin jarang didengar publik. Maklum saja, Ichsan sendiri bukan sosok yang suka popularitas. Apalagi berbau pencitraan.

Penghargaan yang diterima Ichsan juga bukan sembarangan. Terutama jika dilihat dari institusi yang memberikan penghargaan itu. Seperti, UNESCO Literacy Prize. Yakni penghargaan tertinggi di bidang pendidikan dari Perserikatan Bangsa-bangsa alias PBB.

Termasuk penghargaan dari Presiden RI. Penghargaan tersebut adalah cerminan dari pengalaman. Pengalaman Ichsan membangun daerah, membangun peradaban. Pengalaman itu pula yang akan diterapkannya membangun Sulsel.

Adapun berbagai penghargaan diterimahnya baik saat dia menjabat sebagai Bupati Gowa maupun sebagai Ketua PMI Sulsel, diantaranya:

-Penghargaan Ki Hajar Dewantara dari Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (2014)

-Penganugerahan Otonomi Award 2014 Kategori Daerah dengan Terobosan Inovatif Bidang Pendidikan dari The Fajar Institute of Pro Otonomi / FIPO (2014)

-Penghargaan atas Keberhasilan Menyusun dan Menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2013 dengan Capaian Standar Tertinggi dalam Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah dari Menteri Keuangan (2013).

-Penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) terhadap Upaya Revitalisasi Museum Balla Lompoa (2011)

-Satya Lencana Wirakarya (Penghargaan Bidang Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan) dari Presiden Republik Indonesia (2010)

-Tokoh Koperasi Provinsi Sulawesi Selatan (2010)

-Otonomi Award 2010 Kategori Daerah dengan Terobosan Inovatif Bidang Pendidikan dari The Fajar Institute of Pro Otonomi FIPO (2010)

-UNESCO Literacy Prize/ Penghargaan Tertinggi Bidang Pendidikan dari UNESCO (2009)

-Penghargaan Aksara atas Kepedulian dan Kinerja yang tinggi dalam Percepatan Pemberantasan Buta Aksara di Provinsi Sulawesi Selatan dari Menteri Pendidikan Nasional (2009)

-Penghargaan Peningkatan Produksi Beras Nasional / P2BN dari Presiden Republik Indonesia (2009)

-Otonomi Award 2009 kategori Daerah dengan Terobosan Inovatif Bidang Pendidikan dari The Fajar Institute of Pro Otonomi / FIPO (2009)

-Satya Lencana Wirakarya (Penghargaan Tertinggi Bidang Pendidikan) dari Presiden Republik Indonesia (2008)

-Penghargaan Manggala Karya Kencana dari Kepala BKKBN (2008)

-Penghargaan sebagai Bupati Peduli TK/TP Al-Qur’an dari Ketua Umum DPP BKPRMI (2008)

-Penghargaan atas Perda Akta Kelahiran Bebas Bea dari Presiden Republik Indonesia (2008)

 

-Anugrah Aksara Utama/Penghargaan Peduli Percepatan Pemberantasan Buta Aksara dari Menteri Pendidikan Nasional (2006 dan 2007)

-Tokoh peduli kemanusiaan dan pengungsi di Indonesia versi UNHCR PBB (2017).

Selain sebagian penghargaan di atas, Ichsan Yasin Limpo juga masih memiliki sederet prestasi lainnya. Mulai membawa Gowa mendapatkan opini WTP lima kali berturut turut, menjadikan Gowa sebagai pemerintahan kabupaten terbaik kedua secara nasional, hingga penghargaan dan prestasi lainnya.#


div>