RABU , 26 SEPTEMBER 2018

Pusat Pengembangan Keahlian Segera Hadir

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Kamis , 16 Maret 2017 10:14
Pusat Pengembangan Keahlian Segera Hadir

Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto. foto: md fajar/rakyatsulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Makassar bersama lima kota lainnya di Indonesia bakal memiliki Pusat Pengembangan Keahlian (Skil Development Centre) yang mengintegrasikan lembaga pendidikan dan pelatihan dengan industri.

Itu diungkapkan Ketua Badan Nasional Sertifikat Profesi (BNSP) Sumarna F Abdurahman saat bertemu Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto di Rumah Jabatan Wali Kota, Selasa (14/3) malam.

Pusat Pengembangan Keahlian (PPK) mengidentifikasi apa saja kebutuhan industri yang terkait dengan tenaga kerja. Hasilnya berupa kesepakatan standar oleh lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) yang menyinkronkan dengan materi pembelajarannya. Setelah itu, keluaran dari lembaga Diklat dapat diserap industri.

“Mensinergikan antara lembaga mitra dengan industri yang merupakan program Bappenas,” kata Sumarna diberitakan Rakyat Sulsel, Kamis (16/3).

PPK lanjut Sumarna akan dikembangkan di enam lokasi yaitu Makassar, Denpasar, Medan, Karawang, Bojonegoro, dan Solo.

Wali kota menyambut antusias menyambut program dari Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) yang sejalan visi dan misi pemerintahannya menciptakan Makassar bebas pengangguran.

“Tantangan terbesar pemerintah kota adalah memerangi kemiskinan, mempersempit gini ratio, dan menekan tingkat pengangguran,” sebut Danny. (***)


div>