JUMAT , 17 AGUSTUS 2018

Pusbang Film Gandeng Media Gelar Semiloka Kritik Film

Reporter:

Nhera

Editor:

Lukman

Rabu , 18 Juli 2018 19:40
Pusbang Film Gandeng Media Gelar Semiloka Kritik Film

Pusbang Film Kemendikbud saat menggelar Semiloka Penulisan Kritik Film tingkat lanjutan (advance), di Hotel Gammara, Jalan Metro Tanjung Bunga, Rabu (18/7).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dalam rangka penyelenggaraan Apresiasi Film Indonesia (AFI), Pusat Pengembangan Film Indonesia (Pusbang Film) Kemendikbud merangkul awak media, insan perfilman hingga pemerhati film di Sulawesi Selaran, dengan menggelar Semiloka Penulisan Kritik Film tingkat lanjutan (advance), di Hotel Gammara, Jalan Metro Tanjung Bunga, Rabu (18/7).

Salah satu fasilitator kegiatan ini, Shandy, mengatakan bahwa tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah untuk mendapatkan masukan dari media ataupun kritikus film terkait kualitas sebuah film.

“Ini juga adalah bagian dari rangkaian gerakan kampanye film, sehingga melalui semiloka ini Pusbang Film bisa mendapatkan gambaran terkait perfilman secara nasional. Harapannya adalah masyarakat makin mencintai film Indonesia,” tegas Shandy.

Ia juga mengaku sangat mengapresiasi seluruh peserta semiloka yang hadir. Bahkan dikatakannya jika kegiatan semiloka penulisan kritik film yang kali kedua digelar di Kota Makassar ini merupakan yang paling mendapatkan antusiasme.

“Ini menandakan Makassar memiliki potensi besar dalam menghasilkan sebuah karya (film), karena memiliki banyak sumberdaya yang tak diragukan lagi,” jelasnya.

Dalam semiloka sesi pertama yamg dibawakan Nurman Hakim, membahas tentang pentingnya memahami penyutradaraan dan semiotika film bagi media dan kritikus film.

“Mengetahui bagaimana penyutradaraan sebuah film merupakan hal penting dalam melahirkan kritik atas sebuah film,” ujar Nurman yang juga seorang sutradara film ini.

Kegiatan semiloka ini rencananya akan berlangsung selama dua hari, dengan menampilkan narasumber dari Pusbang Film Kemendikbud dan insan film nasional. (*)


div>