SENIN , 20 NOVEMBER 2017

Puskesmas Tanru Tedong Masuk Lima Besar Tingkat Nasional

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Rabu , 15 November 2017 14:19
Puskesmas Tanru Tedong Masuk Lima Besar Tingkat Nasional

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB, dr HA Irwansyah (tengah) diacara lomba SSB antar Puskesmas se-Sidrap, Rabu (15/11). Foto: ist

SIDRAP, RAKYATSULSEL.COM – Puskesmas Tanru Tedong terus menjadi idola, setelah selama ini ramai menjadi pusat studi banding berbagai daerah, kini Puskesmas tersebut kembali menorehkan prestasi gemilang.

Pasalnya, Puskesmas yang di nahkodai Ali Taba ini kembali masuk lima besar tingkat nasional untuk penilai akreditasi.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB, dr HA Irwansyah yang di temui diacara lomba SSB antar Puskesmas se-Sidrap membenarkan hal itu. Menurutnya, Puskesmas Tanru Tedong kembali meningkatkan prestasinya dengan masuk lima besar untuk penilaian akreditasi.

“Ini sebuah kebanggaan, sebab selama ini puskesmas Tanru Tedong menjadi rujukan untuk studi banding setelah meraih akreditasi Paripurna, akreditasi tertinggi untuk pemberian akreditasi. Sekarang masuk lagi 5 besar di tingkat nasional,” kata Irwansyah.

Dengan masuknya Puskesmas Tanru Tedong lima besar puskesmas tarakreditasi Paripurna, lanjut Irwansyah, Puskesmas Tanru Tedong akan menjadi rujukan nasional untuk masalah akreditasi.” Dan jika selama ini, Puskesmas Tanru Tedong ramai dijadikan kunjungan studi banding, maka setelah ini pasti akan semakin ramai lagi,” lanjut mantan Direktur RS Arifin Nu’mang ini.

Menurut Irwansyah, Pemerintah dan masyarakat Sidrap harus bangga dengan apa yang diraih Puskesmas Tanru Tedong ini. Betapa tidak dari 3344 puskesmas yang sudah sdh terakreditasi per Oktober 2017, Puskesmas Tanru Tedong menjadi satu-satunya Puskesmas yang masuk 5 besar di luar Jawa dan Sumatera.

Sebelum masuk 5 besar, penilaian akreditasi itu disebutkan cukup panjang. Awalnya dari seluruh Puskesmas yang terakreditasi, dinilai lagi untuk masuk 32 besar selanjutnya dari 32 itu dinilai lagi untuk masuk 5 besar. “Dan Alhamdulillah Puskesmas Tanru Tedong mampu menunjukkan bisa menjadi yang terbaik,” lanjutnya.

Bukan itu saja dari peserta yang masuk lima besar, hanya Sidrap satu – satu-satunya dari Kabupaten. “Yang lainnya semua puskesmas kota. Kita satu-satunya dari Kabupaten,” ujarnya.
Sidrap sendiri masuk urutan ke lima setelah Kota Yogyakarta di posisi ke 4, Kota Palembang di peringkat ke 3, Kota Surakarta di peringkat ke 2 dan Jakarta Selatan di peringkat pertama. ” Oleh kementerian ada 6 puskesmas yang dapat penghargaan peringkat ke enam setelah Sidrap itu ada Kota Kediri,” paparnya.

Penghargaan sebagai puskesmas terakreditasi peringkat 5 besar diserahkan oleh Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Sabtu 11 November 2017 di Ekspo Kemayoran Jakarta yang diterima langsung Kepala Puskesmas Tanru Tedong, Ali Taba. Semoga dengan prestasi ini bisa semakin meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien,” jelasnya. (*)


div>