KAMIS , 16 AGUSTUS 2018

PUT Rangkul Masjid Lahirkan Ulama

Reporter:

Editor:

hur

Senin , 18 April 2016 12:09

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Mahasiswa Pendidikan Ulama Tarjih (PUT) Universitas Muhammmadiyah Makassar, merangkul pengurus Mesjid se Kota Makassar untuk melahirkan mubaligh muda. Kegiatan itu dilakukan dalam bentuk Kulliyatul Mubalighin/Pendidikan kader Mubaligh, dalam rangka persiapan memasuki bulan suci ramadhan 1437 H.

Acara itu sendiri akan berlangsung pada 30 April mendatang, bertempat di Mesjid Att Tajdid Rusunawa C Jl. Talasalapang yang rencana akan dibuka Wakil Walikota Makassar, Dr H Syamsul Rizal MSi.

Akan hadir sebagai narasumber, Prof Dr KH Muhammad Ghalib MA, Prof Dr KH Minhajuddin MA, Prof Dr H Arifuddin Ahmad MAg, Dr KH Muh Alwi Uddin MAg, Dr KH Andi Abdul Hamzah MA, Dr Abd Azis Muslimin MSi, Drs KH Jalaluddin Sanusi, Drs KH Mawardi Pewangi MPdI, dan Drs HM Husni Yunus MPd.

“Sejumlah materi akan disajikan oleh masing-masing pemateri, dengan inti materi yaitu Fikhi Dakwah, Kajian Tafsir, Kajian, Hadits, Akidah Akhlak, Sosiologi Dakwah, Manajemen Dakwah, Ilmu Tajwid serta sejumlah materi pendukung lainnya,” kata Ketua Panitia Pelaksana, Kiyai Muda Ridwan Amin.

Ridwan Amin menambahkan bahwa Kulliyatul Mubalighin tersebut akan berlangsung selama satu bulan dengan menggunakan sistem perkulihaan dan praktek lapangan,
dan akan diikuti sebanyak 150 orang peserta utusan masjid Binaan Majalis Tabligh Muhammmmadiyah Kota Makassar.

Sekretaris Pendidikan Ulama Tarjih Unismuh Makassar, KH Husni Yunus, mengatakan, kegiatan ini merupakan langkah cerdas mahasiswa terhadap kepedulian kelangkaan ulama dan menggerakkan dakwah di masyarakat.

“Termasuk untuk Mesjid yang saat ini kesulitan Mubaligh dalam mengisi ceramah ramadhan dan kuliah subuh, karena dibutuhkan mubaligh yang memiliki kemampuan materi dakwah yang bersumber dari kajian Tafsir dan Hadits,” kata Husni Yunus.


div>