JUMAT , 25 MEI 2018

Putusan Hakim Harus Sesuai Fakta Persidangan Ahok

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Selasa , 09 Mei 2017 10:39
Putusan Hakim Harus Sesuai Fakta Persidangan Ahok

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM -Komandan Tim Advokasi Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia Kapitra Ampera berharap putusan perkara kasus penistaan agama hari ini (9/5) bisa sejalan dengan fakta persidangan. Dia juga meminta majelis hakim bisa memutus hukuman kepada terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dengan hukuman setimpal.

Menurut dia, jangan sampai hakim mengambil keputusan yang tidak ada kaitannya dengan fakta persidangan. “Hakim harus memutus perkara Ahok dengan fakta-fakta persidangan,” tegas dia, Selasa (9/5).

Karena, kata dia, bila mengacu pada tuntutan jaksa penuntut umum, maka semuanya lepas dari fakta persidangan. “Tidak satupun keterangan di depan persidangan yang menyatakan adanya penodaan golongan, tetapi semua keterangan dan barang bukti membuktikan Ahok melakukan penodaan agama Islam,” bebernya.

Kapitra menambahkan, jangan sampai hakim memvonis Ahok berdasarkan tuntutan JPU yang hanya satu tahun penjara dengan masa percobaan dua tahun. Karena umat Islam tak akan terima hal itu.

“Jangan sampai hakim melakukan anarki penegakan hukum dengan memutus Ahok di luar fakta persidangan. Pasti umat Islam tidak dapat menerimanya. Karena ini bentuk tirani yang nyata,” terang dia.

Diketahui, hari ini Ahok akan menjalani sidang putusan. Dia adalah terdakwa kasus penistaan agama yang menyinggung Surah Al-Maidah ayat 51 pada pidato di Kepulauan Seribu, September 2016 lalu.


div>