JUMAT , 14 DESEMBER 2018

Rachmawati dan Ratna Sarumpaet Dibebaskan Polisi

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Sabtu , 03 Desember 2016 12:26
Rachmawati dan Ratna Sarumpaet Dibebaskan Polisi

Yusril Ihza Mahendra bersama Rachmawati Soekarnoputri. foto: Twitter

JAKARTA – Putri Proklamator RI Ir Soekarno, Rachmawati Soekarnoputri dan Ratna Sarumpaet kini bisa berkumpul dengan keluarganya.

Itu setelah polisi membebaskan keduanya. Rachmawati dan Ratna sebelumnya ditangkap oleh polisi bersama delapan orang lainnya pada sebuah operasi, Jumat (2/2) pagi, sebelum digelar aksi damai 212 di Monumen Nasional (Monas).

Kepastian pembebasan Ratna yang dikenal sangat kritis terhadap pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla itu disampaikan kuasa hukumnya, Yusril Ihza Mahendra.

Dalam akun twitternya, Yusril mengatakan, Ratna dan Firza Hussein dibolehkan pulang dan sudah meninggalkan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Keduanya diperiksa polisi terkait dengan tuduhan makar.

“Firza Hussein dan Bu Ratna Sarumpaet juga sudah meninggalkan Mako Brimob malam ini,” kicaunya dalam akun Twitter pribadi @Yusrilihza_Mhd sesaat lalu, Sabtu (3/12) dinihari.

Sementara terduga lain, lanjut Yusril, masih belum dilepaskan dari Mako Brimob. Ia berharap para tokoh nasionalis ini bisa segera dilepaskan secepatnya.

[NEXT-RASUL]

“Yang laki-laki masih belum dilepaskan dari Mako Brimob. Mudah-mudahan semua mereka segera dilepaskan juga,” harapnya.

Sebanyak delapan orang disangkakan Pasal 107 jo 110 jo 87 KUHP atas dugaan tindak pidana kejahatan terhadap keamanan negara atau makar.

Mereka yang diduga makar antara lain Ratna Sarumpaet, Ahmad Dhani, Kivlan Zen, Adityawarman Taha, Sri Bintang Pamungkas, Eko, Firza Husein, dan Rachmawati Soekarnoputri.

Sedangkan dua lainnya, Jamran dan Rizal Kobar dikenakan pasal ITE Pasal 28. (jpnn)


div>