SENIN , 20 AGUSTUS 2018

Raih Penghargaan Penyelenggara Pemerintahan Daerah Terbaik

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Rabu , 27 April 2016 10:42
Raih Penghargaan Penyelenggara Pemerintahan Daerah Terbaik

IST HARUS DIPERTAHANKAN. Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan 'Danny' Pomanto meraih penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri atas prestasi kinerja dengan predikat sangat tinggi nasional dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, Selasa (26/4).

RakyatSulsel.com — DUA tahun kepemimpinan Moh Ramdhan “Danny” Pomanto dan Syamsu Rizal (DIA) sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar kembali menorehkan prestasi.

Dengan berbagai inovasi unggul Kementerian Dalam Negeri pun mengganjar Kota Makassar dengan penghargaan Prestasi Kinerja dengan predikat sangat tinggi nasional dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otoda) Sumarsono kepada Wali Kota Makassar Danny Pomanto pada puncak peringatan penyambutan Hari Otoda ke XX di Alun-Alun Kulon Progo, Yogyakarta, Senin (25/4) lalu.

“Selain Makassar, penghargaan yang sama juga diraih empat kota lainnya, yaitu Depok, Cimahi, Banjar dan Bogor,” ucap Danny.

Dia menambahkan, Kota yang diundang pada kesempatan tersebut betul-betul berprestasi dan beruntung memperoleh tanda penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri. Danny hanya bisa berucap syukur dengan apresiasi tinggi dari Menteri Rudiantara terhadap program home care Makassar.

“Alhamdulillah. Ini sebuah berkah buat kita semua warga Makassar. Tidak gampang mendapatkan pujian seperti ini. Artinya, apa yang telah kita buat selama ini tidak ada yang sia-sia,” kata Danny.

[NEXT-RASUL]

Tak hanya itu, Danny Pomanto mendapat pujian dari menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Rudiantara, di depan kepala daerah se-Indonesia. Pujian itu dilontarkan saat menteri Rudiantara menghadiri seminar nasional bertajuk strategi dan arah pengembangan kebijakan smart city di Indonesia menghadapi tantangan MEA di hotel Sahid, Jakarta, Selasa (26/4).

Dikutip dari rilis humas Pemkot Makassar, disebutkan bahwa pujian ini dilayangkan berkat program home care-telemedicine yang merupakan inovasi Danny untuk pelayanan kesehatan secara mobile ke rumah warga di Makassar.

“Ada Wali Kota Makassar, Coba kita lihat dan belajar, di Makassar telah mengembangkan smart city dengan salah satu fokusnya home care,” ujar Rudiantara sembari menunjuk wali kota Makassar yang telah berdiri disambut aplaus kepala daerah se-Indonesia.

Selain Makassar, Menteri Rudiantara juga memuji wali kota Bandung Ridwan Kamil yang dianggap juga telah mengembangkan konsep smart city dengan memgembangkan sebuah aplikasi yang sigap terhadap bencana. Aplikasi tersebut mampu memprediksi besaran bantuan sesuai kebutuhan korban di lapangan.

Rudi mengatakan akan mengambil program unggulan tersebut agar bisa juga diterapkan di daerah-daerah lain.

Sebelumnya, kepada menteri, Danny menyampaikan tidak keberatan jika inovasi-inovasi unggul yang digagasnya diadopsi daerah lain. Danny mengatakan kalau Makassar akan selalu siap memberi pelatihan bagi daerah mana saja yang ingin mengadopsi program dari Kota Anging Mammiri ini.

[NEXT-RASUL]

Tak bisa dipungkiri, Makassar dibawa kepemimpinan Danny pomanto banyak ide kreatif yang diimplementasikan, bahkan pada program kerja tingkat kelurahan, kecamatan hingga SKPD memiliki makna dan filosofis yang berbeda.

Menanggapi prestasi yang diraih Pemkot Makassar atas kerja keras kepemimpinan Danny, Pakar pemerintahan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Andi  Lukman Irwan mengakui pemerintahan yang dinahkodai Danny saat ini berkembang pesat jauh dibanding kepemimpinan sebelumnya.

“Ya, memang saat ini Makassar mengalami kemajuan, hal ini ditandai dengan kemajuan dan pembangunan serta berbagai prestasi dan penghargaan yang diraih oleh Pemkot Makassar,”tuturnya.

Menurutnya, nawacita program Pemerintahan DIA yang kini mendengungkan Makassar menuju kota dunia bisa saja terwujud jika semua pihak mendorong dan membantu Pemkot menyukseskan program yang dicanangkan saat ini.

“Segala impian dan cita-cita Pemerintahaan bakal terwujud jika ditopang dan dibantu berbagai pihak, hal ini sangat mendorong tercapainya suatu impian,”katanya.

Akademi Unhas ini menyebutkan, dirinya menilai dari berbagai sektor banyak perubahan di lingkup sosial kehidupan Makassar saat ini. “Berbagai perubahan tersebut diantaranya, lelang kepsek, lelang lurah dan camat, dan akan sampai SKPD, hal ini akan dibenahi sedikit demi sedikit,” tutupnya. (D)


div>