RABU , 14 NOVEMBER 2018

Rakornas, KKI Siap Kawal Profesionalisme Dokter

Reporter:

Nhera

Editor:

asharabdullah

Selasa , 24 April 2018 13:41
Rakornas, KKI Siap Kawal Profesionalisme Dokter

BUKA RAKORNAS. Ketua KKI Bambang Supriyanto didampingi Staf Menteri Bidang Teknologi Kesehatan dan Globalisasi Slamet (kedua kanan) saat memukul gong pertanda Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dibuka mulai 23-25 April di Grand Clarion Hotel, Senin (23/4).Nhera/RakyatSulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dengan mengusung tema ‘Sinergitas KKI dengan Pemangku Kepentingan dalam Pengawalan Profesionalisme Dokter dan Dokter Gigi Menghadapi Tantangan Global’ di Grand Clarion Hotel, Senin (23/4).

Ketua KKI Bambang Supriyanto mengatakan, pengawalan profesionalisme dokter dan dokter gigi adalah salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, melindungi masyarakat serta memberikan kepastian hukum bagi masyarakat, dokter dan doktet gigi.

“Tantangan era globalisasi saat ini, menjadikan perkembangan praktik kedokteran semakin dinamis, disertai dengan berbagai permasalahnnya. Pada hakikatnya praktik kedokteran bukan hanya interaksi antara dokter dan dokter gigi dengan pasiennya namun mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap yang sesuai standar profesi kedokteran saat memberikan pelayanan,” ungkapnya.

Untuk itu, dalam rapat Rakornas tersebut membahas tentang harmonisasi dan sosialisasi bersama, menjamin para dokter yang praktek adalah dokter yang profesional dan jika ada masyarakat yang tidak puas dengan kinerja dokter bisa melaporkan ke Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia (MKDKI).

“Meningkatkan kualitas para dokter untuk memenuhi harapan masyarakat akan pelayanan medis yang bermutu dan aman dalam penyelenggaraan praktik, untuk itulah dilakukan rapat koordinasi nasional dengan pemangku kepentingan,” ujarnya.

Menurutnya, KKI yang menaungi dokter dan dokter gigi terus memantau kualitas mutu penyelenggaraan praktik melalui pendidikan dan pelatihan berkelanjutan dengan sinergi antar pemangku kepentingan. (*)


Tag
  • KKI
  •  
    div>