RABU , 26 SEPTEMBER 2018

Rakyat Sokong IYL di Pilgub

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Jumat , 10 Maret 2017 09:40
Rakyat Sokong IYL di Pilgub

MDFAJAR/RAKYATSULSEL BERTARUNG DI PILGUB. Katua PMI Sulsel, Ichsan Yasin Limpo menyatakan sikap akan maju bertarung pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel 2018, usai Zikir Akbar "Kita Punggawa" di Gedung Celebes Convention Centre, Jl Metro Tanjung Makassar, Jumat (9/3).

MAKASSAR, RakyatSulsel.com – Langkah Mantan Bupati Gowa Dua Periode Ichsan Yasin Limpo (IYL) makin mantap dalam menjajal Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel 2018 mendatang.

Bertepatan di Hari Ulang Tahun IYL, ke 56 tahun, yang dirangkaikan zikir Akbar di Celebes Convention Centre (CCC), Kamis (9/3), ribuan masyarakat menyatakan komitmen dan dukungannya, agar Ketua PMI Sulsel itu, maju dalam kontestasi politik Pilgub. Dukungan itu dilakukan dalam bentuk penyerahan KTP. Hasilnya, sebanyak 746 ribu KTP yang berhasil terkumpul melalui tim pemenangan Punggawa, julukan IYL untuk maju Pilgub.

Ichsan Yasin Limpo dalam kegiatan ulang tahunnya yang bertajuk Silaturahmi “Anak Negeri” menyatakan sikap politiknya maju pada Pilgub 2018 mendatang.”Insya Allah dengan Rahmat Allah SWT Saya siap menjadi Calon Gubernur Sulsel,” tegasnya sembari mengangkat tongkat warisan keluarga Yasin Limpo, yang diberikan oleh kakaknya Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo.

“Tongkat ini dari orang tua kami, sekarang pak Syahrul memberikan kepada saya. Saya perlu sampaikan salam punggawa memiliki makna l untuk kita semua agar selalu berfikir positif,” terangnya.

Dalam sambutannya IYL menegaskan, bahwa acara yang diselenggarakan merupakan silaturahmi sekaligus Zikir bersama, dan bukan merupakan deklarasi keinginannya maju pilgub. “Saya ingin tegaskan malam ini tidak ada deklarasi. Malam ini adalah silaturahmi kita sekaligus Zikir. Sekaligus untuk memberikan penegasan apa yang menjadi keinginan masyarakat bahwa saya (IYL) maju sebagai gubernur Sulsel,” ucapnya.

Pada kesempatan itu juga, IYL menuturkan tidak ada calon Gubernur Sulsel termasuk dirinya yang mampu menyaingi SYL dalam memimpin Sulsel. “Insya Allah, kalau Allah menghendaki saya untuk terpilih, yang akan saya gantikan adalah Bapak Syahrul Yasin Limpo yang sulit dicarikan penggantinya di Sulsel. Karena beliau mampu menjaga Sulsel,” jelasnya.

[NEXT-RASUL]

IYL menyebutkan, hingga saat ini baru satu partai politik yang menyatakan sikap akan mengusung dirinya di Pilgub mendatang. Namun, kata IYL, tidak menutup kemungkinan juga dirinya akan maju melalui jalur Independen. Pasalnya hingga saat ini sudah terkumpul ratusan ribu KTP untuk mengusung dirinya. “Kalau Partai Politik tidak mengusung, kita masih bisa maju lewat jalur Independen. Dan Alhamdulillah sekarang sudah terkumpul 746 ribu KTP untuk saya. Hingga saat ini juga, baru PAN yang menyatakan sikap akan mengusung saya,” tuturnya.

Pada kesempatan lain, Syahrul Yasin Limpo, memberikan kado ulang tahun untuk adiknya (IYL) dengan sebuah lagu Indonesia Tanah Air Beta. Serta pesan tentang sifat orang Bugis Makassar.

“Kalau ada badai datang hadapilah itu dengan tenang. Orang Bugis Makassar itu berani mengambil keputusan dan berani mengambil resiko bahkan mengundang resiko. Dan hari ini Ichsan memperlihatkan itu,” ungkapnya dengan penuh bangga.

Gubernur Sulsel dua periode ini juga berharap nantinya IYL mampu menjadi seorang pemimpin yang merakyat. Serta pemimpin yang mementingkan kepentingan rakyat. “Jadilah keluarga punggawa yang pemberani jangan jadi pemimpin kalau tidak berani mengambil resiko. Selamat ulang tahun, ridha Allah selalu bersamamu,” harapnya.

Zikir akbar dalam rangka Hari Ulang Tahun bakal Calon Gubernur Sulsel Ichsan Yasin Limpo, di CCC dipenuhi jamaah, dari pantauan Harian Rakyat Sulsel, gedung yang berkapasitas 5.000 jamaah tersebut penuh sesak hingga ada jamaah yang harus rela berada di luar ruang utama untuk mengikuti zikir bersama tersebut. Kendati demikian, mereka terlihat khusuk mengikuti kegiatan ini.

Selain itu juga tampak hadir, Walikota Makassar, Danny Pomanto, Anggota DPD RI Bahar Ngitung, Bupati Luwu Andi Muzakkar, Wakil Ketua DPP PPP Amir Uskara serta Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani.

[NEXT-RASUL]

Penuhi Syarat Dukungan

Jika keinginan maju IYL di Pilgub melalui jalur parpol sulit terpenuhi, maka dukungan yang saat ini diraih melalui jalur independen melalui pengumpulan KTP, memenuhi syarat minimal dukungan.

Ketua KPU Sulsel Iqbal Latief mengatakan jika mengacu pada UU No 10/2016 Tentang Pilkada, sudah diatur tentang ketentuan jumlah minimal dukungan masyarakat melalui jalur independen. Khusus Pilgub Sulsel, pasangan calon membutuhkan dukungan sebanyak 7,5 persen dari jumlah penduduk yang termuat pada Daftar Pemilih Tetap (DPT). Angka 7,5 persen ini diperoleh karena jumlah DPT Pilgub Sulsel berada di kisaran 6 juta jiwa sampai 12 juta jiwa. Pada Pilpres 2014 lalu, jumlah DPT di Sulsel tercatat sebanyak 6.323.711 wajib pilih. Dengan demikian, pasangan calon yang menempuh jalur independen membutuhkan minimal 474.278 dukungan, dengan sebaran dukungan lebih dari 50 persen jumlah kabupaten/kota di Sulsel.”Sulit atau tidaknya jalur independen, saya kira itu tergantung dari calonnya dalam melakukan persiapan. Perlu diingat juga foto copy KTP tersebut tidak boleh terpusat pada satu daerah saja tapi harus tersebar. Kalau di Pilgub itu, minimal mesti tersebar pada 13 kabupaten/kota,” pungkasnya. (E)


Tag
  • IYL sulsel
  •  
    div>