RABU , 13 DESEMBER 2017

Rampungkan Penelitian, IYL Kunjungi Belanda – Finlandia

Reporter:

Editor:

Sofyan Basri

Selasa , 03 Oktober 2017 20:11
Rampungkan Penelitian, IYL Kunjungi Belanda – Finlandia

IYL berfoto bersama di kediaman pribadinya sesaat sebelum berangkat ke Bandara Sultan Hasanuddin, Selasa (3/10/17)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Usaha dan semangat Ichsan Yasin Limpo (IYL) mendalami penerapan pendidikan dasar di negara-negara maju, patut diacungi jempol.

Di tengah kesibukannya sebagai kandidat gubernur Sulsel, peraih penghargaan tokoh peduli kemanusiaan di Indonesia itu, tetap meluangkan waktunya melanjutkan penelitian penyusunan disertasi gelar doktornya.

Kali ini, IYL yang juga pelopor pertama pendidikan gratis di Indonesia, bertolak ke Eropa, Selasa (03/10/17). Tujuannya fokus melakukan penelitian di dua negara. Masing-masing di Amsterdam (Belanda), serta Helsinki, Finlandia.

“Jadwal penelitian ini sudah di atur, sehingga tidak ada alasan untuk menunda,” kata Ichsan Yasin Limpo sebelum berangkat ke Jakarta.

Sesuai rencana, IYL yang tak lain kandidat gubernur Sulsel bakal berada di Eropa selama 10 hari, baik melakukan kunjungan langsung ke sekolah tingkat dasar, maupun bertatap muka dengan pejabat yang berwenang tentang pendidikan dasar di dua negara itu.

Penelitian kali ini, Ichsan didampingi istri Hj Novita, sekaligus mengajak beberapa guru besar di bidang pendidikan untuk bersama-sama melihat dan menggali pengalaman tentang penerapan pendidikan. Termasuk di Helsinki yang dikenal pendidikannya nomor satu.

Hasil penelitian ini, selanjutnya akan dijadikan bahan dalam penyusunan disertasinya sebelum melakukan promosi gelar doktor di Pasca Sarjana Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar yang ditargetkan akhir tahun ini, atau paling lambat awal tahun 2018 mendatang.


div>