JUMAT , 16 NOVEMBER 2018

Rapat Paripurna Kerap Molor, Begini Tanggapan BK DPRD Parepare

Reporter:

Editor:

faisalpalapa

Kamis , 22 Desember 2016 15:38
Rapat Paripurna Kerap Molor, Begini Tanggapan BK DPRD Parepare

Wakil Ketua BK DPRD Kota Parepare, Andi Fudail

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM- Tak sedikit, agenda pelaksanaan rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Parepare selama 2016 molor. Terkadang dijadwalkan pukul 09.00 pagi, namun baru terlaksana pada pukul 11.00, bahkan hingga pukul 12.00, seperti rapat paripurna dua ranperda yang digelar kemarin, Rabu, (21/12).

Sebagai upaya untuk melakukan perbaikan kinerja 2017 mendatang, Wakil Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Parepare, Andi Fudail berharap, 2017 mendatang kinerja Anggota Dewan dapat meningkat, termasuk tepat waktu dalam menghadiri rapat paripurna. ” BK sudah mengevaluasi, memang ada beberapa agenda yang molor selama tahun ini. Kita berharap 2017 tidak ada lagi seperti itu. Sebenarnya ini kembali ke individu masing-masing,” tuturnya.

Terkait dengan pemberian saksi sosial, yaitu mempublikasikan di media, nama-nama Anggota Dewan yang kerap mangkir atau telat mengikuti rapat tanpa keterangan yang jelas, Wakil BK ini sigap menerima tantangan tersebut dan siap untuk membahas secara internal dengan pihak BK dan pimpinan DPRD.

“Boleh saja kita berlakukan pemberikan sanksi sosial, jika itu dianggap sebagai sesuatu yang positif bisa merubah karakter maka bisa kita lakukan itu. Kita akan bicarakan dengan struktur di BK termasuk kita bicarakan dengan pimpinan secara internal,” janjinya.

Tak sejalan dengan pendapat Fudail, Ketua DPRD Kota Parepare, H Kaharuddin Kadir menganggap solusi untuk peningkatan kedisiplinan dewan dengan cara pemberian sanksi sosial dinilai sangat ekstrem. Menurutnya, masih ada solusi lain yang dinilai lebih bijak untuk mendisiplinkan anggota dewan 2017 mendatang.

“Solusi itu sangat ekstrem menurut saya. Ini memang cukup mengganggu, kita akan tempuh jalan secara internal dulu untuk membicarakan ini. Saya belum berpikir sampai di situ,” terang Kahar, sapaan Ketua DPRD Parepare ini saat ditemui di lokasi pembangunan Taman Syariah bersama Walikota Parepare, Kamis, (22/12). (nia)


Tag
div>