• Jumat, 19 September 2014
Iklan | Privacy Policy | Redaksi | Citizen Report

Rapatkan Barisan, Kawal Perubahan

Jumat , 04 Januari 2013 15:19
Total Pembaca : 681 Views
Ketua Garda Pemuda NasDem Makassar, Affandi Ibrahim

Baca juga

RAPATKAN barisan, satu komando mengawal perubahan! Kalimat itulah yang terlontar dari bibir Affandi Ibrahim saat memulai wawancara dengan Rakyat Sulsel di Warkop Sami, Makassar, Kamis (3/1). Dipercaya sebagai Ketua Garda Pemuda Nasional Demokrat (NasDem) Kota Makassar, tanggung jawab dan pekerjaan rumah di 2013 menantinya. Affandi punya misi besar mengawal perubahan. Di matanya pemuda  tak boleh berpangku tangan, kini saatnya bersuara lantang dan turut mengambil bagian pada perubahan.

Sebagai leader di organisasi kepemudaan yang bernaung di bawah Nasional Demokrat dan menjadi sayap politik Partai NasDem ini, Affandi berencana menggalang pemuda dan pemudi di Makassar guna mendukung gerakan Partai NasDem menghadapai Pemilu 2014 mendatang.

Kerja-kerja itu tentu harus terus dilakukan dan ditingkatkan. Sebab, lanjut alumnus STMIK Dipanegara ini, perjalanan masih membutuhkan kerja keras untuk semakin memperkokoh organisasi  sebagai pengawal gerakan perubahan. “Terlebih di tahun 2013 yang telah memasuki tahun politik karena memasuki masa kampanye dan tentu tiap partai politik akan gencar juga memperkuat organisasi mereka. Garda Pemuda NasDem masih memiliki pekerjaan rumah, yaitu pembangunan struktur di Tempat Pemungutan Suara (TPS), atau yang kita sebut dengan Satuan Tugas (Satgas) TPS. Kita diberi target pembentukan 5 orang anggota Garda Pemuda NasDem di tiap TPS se-Indonesia yang berjumlah lebih kurang 500 ribu. Artinya, secara nasional kita harus mampu merekrut 2,5 juta anggota sebagai Satgas TPS,” paparnya.

Untuk itu, lanjutnya, gerakan perubahan yang diperjuangkan akan memiliki pemuda-pemudi yang militan mengawal suara perubahan di 2014. Pemuda-pemudi yang akan memastikan setiap suara perubahan datang ke TPS dan tiap suara yang telah diberikan tidak akan  dicurangi oleh mereka yang anti-perubahan. Untuk itu, seluruh kader dan pimpinan Garda Pemuda NasDem harus bekerja keras, memberikan seluruh daya juangnya untuk terwujudnya Satgas TPS tersebut.

“Tahun 2013 kita lanjutkan pelatihan dan kaderisasi yang terstruktur. Kita isi tiap anggota, kader dan pimpinan dengan pemahaman tujuan perjuangan restorasi Indonesia. Tak boleh kita biarkan anggota yang memiliki pemahaman dangkal. Kewajiban dari tiap kader dan pimpinan untuk mengisi pemahaman itu,” lugasnya.

Salah satu agenda terdekat adalah pembekalan kepada pengurus GP NasDem. “Sebelum dilakukan pengukuhan resmi Februari 2013, kami terlebih dahulu melakukan pembekalan pertengahan Januari 2013. Ketua DPW Partai NasDem Sulsel Sanusi Ramadhan akan terlibat langsung dalam pembekalan ini,” ucap pengusaha properti yang akrab siapa Pablo ini.

NasDem yang mengangkat sebuah restorasi dalam pembangunan negara menjadi senjata untuk bisa bertarung di Pemilu mendatang. “Memang saat ini Nasdem belum ikut berpartisipasi langsung dalam pesta demokrasi di Makassar. Tetapi itu tidak menjadi rintangan bagi kami untuk bisa mencapai target pada Pemilu mendatang kami bisa masuk 4 besar,” harapnya.

Saat ini, Affandi gencar memperkenalkan program-program NasDem kepada masyarakat, selain itu juga merekrut anggota untuk bergabung di Garda NasDem. “Saat ini kami sudah membentuk tim untuk mendekatkan dan mengenalkan NasDem kepada masyarakat, khususnya masyarakat yang ada di pelosok-pelosok,” tandasnya.

Dalam mengawal restorasi, seperti yang tercantum pada misi NasDem tentunya memiliki strategi dari internal. Tapi menurutnya, secara pribadi, dirinya meyakini hari ini bahwa perubahan hanya bisa dilakukan jika ada kesungguhan. “Itu dengan melakukan kerja-kerja sosial. Dan tentunya hal ini bisa menarik perhatian masyarakat.

Membangun citra bahwa kami bukan hadir karena slogan dan tidak dibesarkan pula oleh slogan-slogan, tapi kami buktikan lewat kerja nyata yang saat ini memang belum dilirik oleh beberapa organisasi kepemudaaan,” kata Affandi.

Selain itu, peran NasDem sebagai leader di organisasi kepemudaan tentunya mempunyai program-program yang benar-benar bisa menggali potensi. “Pemuda Makassar butuh program yang benar-benar bisa menggali potensi. Yang jelasnya, tujuan kami melakukan pendekatan persusasif, salah satu tujuannya, ya mengurangi angka kejahatan yang dilakaukan kalangan remaja. Singkat kata ya berbuat. Yang jelas kami hadir untuk berbuat dan garda pemuda Nasdem siap berdiri di garis terdepan mengawal restorasi,” tegasnya.(RS9)