RABU , 13 DESEMBER 2017

RAPBD TA 2018 Sidrap Dibahas

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Jumat , 17 November 2017 15:55
RAPBD TA 2018 Sidrap Dibahas

Suasana rapat paripurna DPRD Sidrap, Kamis (17/11). ist

SIDRAP, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidrap terus mempertahankan komitmen sebagai daerah tercepat penetapan APBD-nya, terbukti Kamis (16/11/2018) kemarin Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun Anggaran (TA) 2018 telah diserahkan ke DPRD Sidrap untuk dibahas.

Penyerahan RAPBD tersebut dilaksanakan dalam Rapat Paripurna DPRD Sidrap yang dipimpin Ketua DPRD Sidrap, H Zulkifli Zain.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sidrap, Sudirman Bungi mengatakan, hal yang paling mendasar adalah masalah pengelolaan keuangan daerah, dimana kondisi keuangan tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang sangat besar, sehingga hendaknya dalam musyawarah nantinya bisa jadi pembahasan.

“Makanya dibutuhkan komitmen bersama antara pemerintah daerah dan DPRD untuk memutuskan kebutuhan masyarakat yang dianggap prioritas, yang selanjutnya diverifikasi lagi menjadi kebutuhan paling prioritas,” ungkapnya.

Sudirman menambahkan, untuk menghadapi keterbatasan keuangan itu perlu dilakukan upaya menggali potensi pendapatan yang ada.” Menjadi tugas kita bersama untuk mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) tentu dengan memaksimalkan seluruh potensi PAD untuk dikelola,” katanya.

Rencana pendapatan, lanjutnya, yang diajukan dalam RAPBD TA 2018 ini sekitar Rp 1,465 triliun lebih. Sementara, rencana belanja sekitar Rp 1,48 triliun lebih. “Dan untuk mencapai target pendapatan kita akan melakukan berbagai langkah strategis,” jelasnya. (*)


div>