SENIN , 17 DESEMBER 2018

Rasionalisasi PNS Diterapkan Tahun Depan

Reporter:

doelbeckz

Editor:

Selasa , 12 April 2016 23:28
Rasionalisasi PNS Diterapkan Tahun Depan

MenPAN-RB, Yuddy Chrisnandi.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) tengah menformulasikan kebijakan rasionalisasi pegawai sebagai bagian reformasi birokrasi penataan kelembagaan dan sistem kepegawaian nasional. Disebutkan, rasionalisasi pegawai ini diterapkan tahun depan.

MenPAN-RB, Yuddy Chrisnandi, menjelaskan, anggaran belanja pegaeai tidak bisa dibiarkan terus meningkat. Dikatakannya, apabila dibiarkan terus meningkat, nantinya Indonesia seperti negara yang gagal, seperti Yunani.

“Bayar pegawainya saja tidak bisa. Akhirnya, negaranya ambruk apabila pemerinrah terus menambah pegawainya tanpa memperhatikan kemampuan keuangan,” tuturnya usai menghadiri Sosialisasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Inovasi Pelayanan Publik lingkup Pemprov Sulsel, Selasa (12/4).

Pada akhirnya, lanjut Yuddy, belanja pegawai akan membebani anggaran pembangunan yang berdampak pada kesejahteraan ekonomi rakyat.

Menurutnya, kalau ada daerah yang belanja pegawainya di bawah 50 persen atau masih sehat, harusnya daerah lain juga bisa, kecuali kalau tidak ada sama sekali. “Ini ada daerah yang belanja pegawainya 50 persen dan pengelolaan pegawainya sehat. Olehnya itu, kami minta kepada daerah-daerah untuk mulai melakukan penataan inventarisasi rasionalisasi kepegawaian. Tidak diterapkan tahun ini, baru kita terapkan tahun depan,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, pihaknya masih menyusun standar umum rasionalisasi PNS. “Siapa yang dirasionalisasi, apakah dengan pensiun dini, bagaimana pembayarannya, dan sebagainya. Pasti efisiensi ini tidak bisa dihindari. Bahkan pemerintah pusat sudah mengurangi Rp50,9 triliun APBN,” sebut Yuddy. (***)


div>