RABU , 26 SEPTEMBER 2018

Ratusan Bule Asal Jerman Akan Mampir di Festival Mallipa’ Bacukiki

Reporter:

Anastasya

Editor:

Niar

Kamis , 15 Maret 2018 22:02
Ratusan Bule Asal Jerman Akan Mampir di Festival Mallipa’ Bacukiki

int

PAREPARE, RAKSUL.COM- Jika tak ada aral melintang, rencananya 300 bule asal Jerman akan menghadiri event tahunan yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Dinas Olahraga, Pemuda dan Pariwisata (OPP).

Event yang dinamai Festival Mallipa’ yang akan berlangsung pada Sabtu, 17 Maret ini bertepatan dengan hadirnya rombongan bule asal Jerman melalui kapal pesiar MS Europa 2 yang akan bersandar di Pelabuhan Cappa Ujung Kota Parepare, pada hari yang sama.

‚ÄúSeperti biasa kami akan menyambut turis dengan tarian Gendrang Bulo. Tapi yang special, karena ada sebagian turis yang rencananya akan tetap di Parepare maka kami berencana akan membawa mereka ke Wattang Bacukiki. Kebetulan, pada hari itu juga dilaksanakan Festival Mallipa,” ungkap Sri Diani, Pelaksana tugas (Plt) Pembinaan Event Pariwisata Dinas OPPParepare, Sri Diani saat ditemui di ruangannya, Kamis (15/3/2018).

Dalam festival Mallipa’ tersebut kata Sri, terdapat empat perlombaan tradisional sebagai bentuk pelestarian budaya lokal, seperti lomba tangkap bebek, lomba gendrang bulo, lomba halaman asri, dan lomba ‘mangngepa bene’ atau menggendong istri.

Selain itu, para Bule yang berjumlah 300 orang ini, akan disuguhkan pula kuliner khas Bacukiki yang diproduksi oleh masyarakat setempat, Baje’ Canggoreng atau jenis kue kacang campur gula merah. (MP1)


div>