SENIN , 20 AGUSTUS 2018

Ratusan Guru Ikuti Diklat Penyusunan Laporan

Reporter:

Editor:

hur

Senin , 21 September 2015 15:52

MALILI, RAKYATSULSEL.COM – Ratusan guru mulai dari tingkat TK,SD,SMP dan SMU/SMK se Kabupaten Luwu Timur mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) menyusun Laporan. Laporan tersebut mencakup‎ Daftar Penetapan Angka Kredit (DUPAK), Penilaian Kinerja Guru (PKG), Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Guru.

Diklat dibuka Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dikbudparmudora), Ismail di Gedung Wanita Simpurusiang Malili.

Mewakili Bupati, Kadis Dikbudparmudora, Drs Ismail mengungkapkan bahwa saat ini masih sangat minim tenaga guru yang menguasai keterampilan dalam menyiapkan laporan seperti DUPAK, PKG, PKB dan PTK Guru. Ini menunjukkan bahwa kemampuan guru untuk melakukan inovasi dan berpikir kritis serta menuangkannya dalam bentuk laporan tertulis, juga masih sangat rendah.

“Hal ini secara tidak langsung akan berpengaruh pada rendahnya kualitas pembelajaran kepada siswa atau anak didik, yang pada akhirnya akan menghambat peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Luwu Timur secara umum,” ujar Ismail.

Menurutnya, minimnya keterampilan guru dalam penyusunan dan pengusulan laporan selama ini, disebabkan karena kurangnya pendampingan dari Instansi teknis terkait. Tetapi hal ini, tidak berarti menjadi pembenaran bagi guru bahwa mereka tidak berupaya untuk secara mandiri belajar meningkatkan kemampuan dan pengembangan diri.

“Apalagi dengan adanya kemajuan teknologi informasi yang pesat saat ini, maka tidak ada alasan bagi para guru, dan PNS pada umumnya, untuk tidak belajar meningkatkan kemampuan diri. Sebagai seorang PNS kita dituntut untuk senantiasa meningkatkan profesionalisme dalam setiap pelaksanaan tugas,” tandas, Ismail.

Panitia Penyelenggara Diklat, Kayaruddin Kadir menyampaikan bahwa diklat dilaksanakan oleh Gerakan Mahasiswa Pemuda Pelajar Indonesia (Gema Pena) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sulawesi Selatan. Diklat tersebut diikuti peserta yang terdiri dari utusan Guru Sekolah, TK, SD, SMP, SMA/SMK se-Kabupaten Luwu Timur, selama dua hari, (19-20/9).

Lanjut Kayaruddin, kegiatan pelatihan tersebut murni didukung oleh Dinas Dikbudparmudora, di mana tujuannya adalah untuk menyatukan informasi dan melatih para guru agar mampu menyusun sendiri Dupak, PKG, PKB dan PTK guru.

Sebagai pemateri dalam Diklat tersebut, Drs.Darwis Sasmedi.M.Pd dan Drs. Muh Abduh Makka,M.Si dari LPMP Provinsi Sulsel.


div>