SENIN , 18 DESEMBER 2017

Ratusan Kendaraan Mewah Menunggak Pajak

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Kamis , 19 Oktober 2017 11:35
Ratusan Kendaraan Mewah Menunggak Pajak

Ilustrasi.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel merilis potensi kehilangan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap penunggakan pajak kendaraan di Makassar. Khususnya untuk kendaraan mewah, terdapat 100 bahkan lebih kendaraan menunggak pajak hingga Rp201 juta. Rata-rata mereka menunggak pajak selama tiga sampai lima tahun.

Kepala Samsat Makassar I Selatan, Armin Hamid, mengatakan, tak tanggung-tanggung, pihaknya berpotensi kehilangan PAD sebesar Rp137 miliar. Hal itu merupakan akumulasi dari seluruh kendaraan mewah di Kota Makassar yang dinyatakan menunggak pajak.

“Kendaraan mewah itu mempunyai tunggakan tiga sampai lima tahun, besarannya tidak kira-kira kareba ada tunggakannya sampai Ro201 juta. Ini memang nilainya fantastis, jika ditotal bisa capai Rp137 miliar,” ungkap Armin, Rabu (18/10) kemarin.

Armin mengakui, pemilik kendaraan tersebut beberapa diantaranya adalah pejabat atau orang penting di Sulsel, seperti wakil bupati bahkan keluarganya. Selebihnya adalah para pengusaha. Salah satu kendala penagihan adalah para pemilik kendaraan tersebut berdomisili di luar Sulsel.

“Ada beberapa nama orang penting dan sementara kita melakukan penagihan, ada juga pengusaha, tapi mereka menetap di Papua, Kalimantan, ada juga pejabat wakil bupati di Sulsel,” jelasnya.

Disebutkan, jenis kendaraan yang menunggak pajak tersebut, yakni Alphard, Velfire, Hummer, Rubicon, Mercy, Peugeot, dan beberapa jenis kendaraan mewah lainnya.


div>