SABTU , 18 NOVEMBER 2017

Ratusan Orang Protes Pembangunan Zona Industri China

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Minggu , 08 Januari 2017 19:03

JAKARTA – Ratusan orang turun ke jalan memprotes pembangunan pelabuhan dan zona industri China di Sri Lanka akhir pekan ini.

Ratusan orang protes menantang rencana tersebut karena akan menyebabkan penggusuran ribuan warga desa di sekitar pelabuhan Hambantota, Sri Lanka.

Polisi yang berjaga terpaksa menggunakan gas air mata untuk meredam massa.

Para pengunjuk rasa menyebut bahwa rencana pembangunan itu sama saja menjadikan daerah tersebut sebagai koloni China.

Untuk diketahui bahwa pemerintah Sri Lanka sendiri tengah menyelesaikan sewa 99 tahun dari daerah pelabuhan itu untuk pembangunan perusahaan yang 80 persen sahamnya milik China.

Masyarakat lokal direlokasi kelahan yang baru sebagai ganti dari penggusuran. Namun warga tidak terima dan menentang langkah tersebut.

Pengembangan pelabuhan ini merupakan langkah terbaru dalam serangkaian investasi besar oleh China dalam bentuk infrastruktur di Sri Lanka.

[NEXT-RASUL]

China tercatat telah menggelontorkan dana hingga jutaan dolar dalam bentuk infrastruktur ke Sri Lanka sejak akhir Perang Saudara pada 2009 lalu.

Investasi terbaru ini, seperti dimuat BBC, merupakan bagian dari ambisi pembangunan ‘jalur sutra maritim’ ke bagian kaya minyak di Timur Tengah untuk selanjtnya ke Eropa. (rmol)


div>