RABU , 19 DESEMBER 2018

Ratusan Randis Milik Pemkab Sinjai Belum Bayar Pajak

Reporter:

Lukman

Editor:

Kamis , 26 Juli 2018 18:00
Ratusan Randis Milik Pemkab Sinjai Belum Bayar Pajak

ILUSTRASI

SINJAI, RAKYATSULSEL.COM – Sebanyak 863 Unit Kendaraan Dinas (Randis) yang terdiri dari kendaraan roda empat dan roda dua Lingkup Pemkab Sinjai belum bayar pajak. Hal ini berdasarkan data yang himpun dari UPT Pendapatan Wilayah Sinjai/ SAMSAT per Update Tanggal, 11 Juli 2018.

Kasi Penetapan dan Penerimaan UPT Pendapatan Wilayah Sinjai, Malik Karim menyampaikan bahwa jumlah tersebut kemungkinan sudah berkurang karena beberapa sudah ada yang terbayar di atas tanggal 11 Juli 2018.

“Data tersebut kan update 11 Juli 2018, sehingga kemungkinan sudah berkurang karena bisa saja ada SKPD yang membayar ditanggal 12 atau 13 Juli dan seterusnya,” ujarnya, Kamis (26/07).

Adapun rincian Randis yang belum bayar pajak per Update tanggal tersebut di atas antara lain, Dinas pendidikan sebanyak 11 unit, Badan Pendapatan Daerah sebanyak 22 unit, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) 22 Unit, Pemkab Sinjai 209 unit, Dinas Kelautan dan Perikanan 27 unit, Sekretariat Daerah 88 unit, Dinas Kesehatan 230 Unit, Dinas Perkebunan dan Kehutanan 62 unit (Belum Peralihan ke Pemprov), BKPSDMA 3 unit, Pemberdayaan Perempuan 38, Kesbangpol 5 unit, Dinas Pertanian 29 unit (Sekarang Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura), Bawasda/Inspektorat 22 unit, PUPR 28 Unit, Perindag 15 Unit, Dinas Perhubungan 18 Unit, Dinas Pemukiman dan Tata Ruang 7 unit, DPRD 5 Unit, Satpol PP 5 Unit, Dinas Koperasi 5 Unit dan RSUD 12 Unit.

“Kalau jumlah keseluruhan Pajak dari Randis tersebut, yang harus dibayar mencapai Rp 239 juta lebih. Kami berharap kepada Pemerintah Daerah atau setiap SKPD agar segera melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Dinas,” harapnya

Sementara, Sekretaris Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Sinjai, H Haris Hasyim menyampaikan bahwa soal Pembayaran Pajak Kendaraan Dinas Pemda itu dianggarkan di SKPD masing-masing. “Itu ada anggarannya disetiap SKPD, dan Alhamdulillah khusus Randis di BPKAD tidak pernah ada yang menunggak,” jelasnya.

Disinggung soal jumlah randis milik Pemkab Sinjai secara keseluruhan, Haris menjelaskan bahwa yang masih terpakai/ belum dilelang jumlahnya mencapai 2007 unit, terdiri dari kendaraan roda empat sebanyak 326 unit dan kendaraan roda dua sebanyak 1681 unit.

“Di sisi lain, kendaraan yang sudah dilelang itu kita sampaikan kepada UPT Pendapatan Wilayah Sinjai agar tidak lagi tercatat sebagai Aset Pemda Sinjai,” ujarnya. (*)


div>