KAMIS , 15 NOVEMBER 2018

Ratusan Surat Suara Pilgub Rusak di KPU Lutim

Reporter:

Ibrahim

Editor:

Lukman

Senin , 11 Juni 2018 21:00
Ratusan Surat Suara Pilgub Rusak di KPU Lutim

KPU Lutim melakukan pelipatan surat suara untuk Pilgub Sulsel.

MALILI, RAKYATSULSEL.COM – Ratusan Surat Suara untuk Pilkada Gubernur ditemukan rusak. Ini didapati setelah KPU Lutim melakukan pelipatan surat suara.

Herman Koordinator Logistik KPU Luwu Timur memastikan jumlah surat suara rusak ini akan terus bertambah karena proses pelipatan masih sementara berlangsung. Demikian kata Herman saat dikonfirmasi, Senin (11/6)

Menurut Herman, berdasarkan Berita Acara yang ditandatangani, Luwu Timur memperoleh Surat Suara sebanyak 189.549 Lembar.

Jumlah ini sudah termasuk semua wajib pilih dan surat suara cadangan 2,5 persen. “Segitu jumlahnya yang kita tanda tangani saat menerima surat suara tersebut dari percetakan,” ujar Herman.

Dengan adanya surat suara rusak ini, otomatis jumlah tersebut sudah tidak sesuai lagi olehnya itu demi kelancaran pemugutan suara, setelah rampung proses pelipatan yang rusak itu akan dilaporkan ke KPU Provinsi selanjutnya diganti dengan surat suara yang baru.

Kerusakan yang ditemukan berupa robek, polos tanpa gambar candidat Gubernur, dan ada noda tinta digambar calon.

“Yang rusak ini sudah kami pisahkan secepatnya akan kita kirim ke KPU Provinsi,” tandas Herman.

Proses penyortiran Surat Suara ini di awasi oleh aparat Kepolisian Polres Luwu Timur. Setiap warga yang datang ke lokasi penyortiran tidak bisa langsung masuk tanpa persetujuan dari aparat keamanan. Ini diterapkan untuk memastikan jalannya penyortiran dalam keadaan aman. (*)


div>