SENIN , 18 DESEMBER 2017

Rayakan Kemerdekaan, 72 Rider Ini Jelajah Alam Sambil Berbagi Kepada Warga Pinggiran

Reporter:

Editor:

niar

Minggu , 13 Agustus 2017 19:50
Rayakan Kemerdekaan, 72 Rider Ini Jelajah Alam Sambil Berbagi Kepada Warga Pinggiran

int

PAREPARE, RAKSUL.COM- Banyak cara yang dilakukan untuk Meriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan RI ke-72. Salah satu kegiatan positif tersebut antara lain dilaksanakan Komunitas Trail Adventure
Parepare (Kotap), bersama Polres Parepare dan unsur TNI yang menggelar adventure sekaligus bakti sosial, yang dipusatkan di Wilayah Bacukiki, Sabtu, (12/8) dengan tema, Jelajah Merah Putih.

Kapolres Parepare, AKBP Pria Budi yang ikut berpartisipasi pada kegiatan itu, mengatakan, raider atau pengguna trail yang ikut diwajibkan menggunakan seragam instansi seperti Polri dan TNI serta komunitas KOTAP.

“Selain menyalurkan hobby dengan menjelajah alam, kita juga menyempatkan memberikan sembako dan alat olaraga kepada
warga yang kita anggap disana masih membutuhkan. Sembako dan alat olaraga itu berasal dari swadaya teman-teman Kotap,
TNI dan Polres,” katanya.

Ada 72 rider trail yang ikut pada kegiatan itu. Juga ada 72 sembako yang dibagikan dalam bakti sosial tersebut, dan 72 km jarak tempuh yang dilalui oleh para peserta adventure.

“Semuanya serba 72, hal ini karena perayaan HUT RI juga ke-72. Di tengah perjalanan, kami menancapkan bendera di puncak Bukit Lappa Angin. Ini agar nasionalisme raiders bangkit dan semakin bersatu menjunjung kecintaan kepada RI,” ujarnya.

Menurutnya, memilih Bacukiki sebagai jalur kali ini karena, memiliki akses jalan yang masih sulit dijangkau, juga karena
medan alam yang masih lumayan ekstrim. Dalam perjalanan, sembari melakukan bakti sosial, raiders juga menyapa warga yang bermukim di wilayah tersebut, dengan memberikan pertanyaan edukasi terkait Kota Parepare.

“Kita tidak hanya berkendara dan bakti sosial, tapi juga kita memberikan edukasi kepada masyarakat yang ditemui. Edukasinya dengan memberikan pemahaman tentang tokoh-tokoh besar yang ada di Kota Parepare,” jelas AKBP Pria.
[NEXT-RASUL]

Sementara, Komandan Denbekang, Letkol CSi Faryan, berharap, bantuan yang diberikan kepada warga yang membutuhkan itu, dapat memberi kebahagiaan jelang hari kemerdekaan Indonesia.

“Kita ingin warga yang berada di daerah terpencil, dapat merasakan perayaan kemerdekaan, ini adalah momen penting untuk merasakan kedamaian,” ujar Faryan.

Terpisah, Ketua KOTAP, Awaluddin Nasir, mengatakan, momen ini dimanfaatkan sebagai ajang silaturahmi, bukan hanya kepada sesama pecinta trail, tapi juga dengan warga dari berbagai kalangan.

“Kita sangat apresiasi kegiatan positif seperti ini, menyambangi warga yang berada di daerah terpencil, dan membantu meringankan beban kebutuhannya. Apalagi kita ini raiders, suka menjelajah daerah yang memiliki alam yang belum sepenuhnya terjamah,” ujar Awal.


div>