SABTU , 21 JULI 2018

Realisasi Investasi Sulsel 2017 Naik 126 Persen

Reporter:

Al Amin

Editor:

asharabdullah

Kamis , 01 Februari 2018 11:00
Realisasi Investasi Sulsel 2017 Naik 126 Persen

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PDM-PTSP) Provisni Sulsel, A.M Yamin (kanan). Foto: Ashar/RakyatSulsel

– Potensi Listrik Sulsel Jadi Daya Tarik Investor Asing

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dalam hal ini Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sulsel merilis capaian realisasi investasi untuk triwulan IV 2017.

Hasilnya melambung jauh dari targetnya, pemprov mampu naik hingga 126 persen dari tahun sebelumnya, yakni sebesar Rp11,48 triliun.

Kepala Dinas PMPTSP Sulsel, AM Yamin, mengatakan, capaian ini merupakan hasil terbesar dari semua triwulan yang dilalui. “Dari target hanya Rp9 triliun. Alhamdulillah, kita bisa dapat Rp11, 48 triliun,” kata Yamin, Rabu (31/1) kemarin.

Rinciannya, DPMPTSP Sulsel untuk triwulan IV mendapatkan realisasi investasi sebesar Rp2,2 triliun. “Dari realisasi triwulan IV ini, Kota Makassar memperoleh data yang paling tinggi, yakni sebesar Rp877 miliar menyusul Kabupaten Luwu Timur serta Sidrap,” jelas Yamin.

Sedangkan menurut sektornya, untuk triwulan IV, sektor listrik paling banyak diminati, yakni sebesar 35 persen, disusul sektor pertambangan 20 persen, dan sektor perumahan 25 persen.

“Ini semua negara asal paling banyak masuk berinvestasi adalah pertama Kanada, Hongkong, dan Malaysia,” jelasnya.

Yamin mengatakan, jika dilihat perjalanan beberapa tahun lalu, pihaknya senantiasa telah melebihi target dari RPJMD yang ada.

“Dalam sepuluh tahun terakhir bahwa secara total meskipun sangat variatif, tetapi secara total kita bisa jauh dari sejak 2008 dicapai Rp1,4 triliun. Dan 2017 ini kita dapat Rp11 triliun. Mudah-mudahan kedepan akan naik lagi,” katanya.

Sementara, secara keseluruhan untuk 2017, Kota Makassar masih menjadi daerah paling banyak menyumbangkan investasi, menyusul Jeneponto dan Luwu Timur, Sidrap, dan kabupaten lainnya.

“Kita tetap berharap dari waktu ke waktu kita mengupdate strategi, sehingga investasi dapat meningkat,” ujarnya.

Sementara, terkait 2018 tahun politik, Yamin berharap semua berjalan pada koridornya.

“Tentu pemberitaan dari teman media yang sejuk itu, akan berdampak pada respon positif dari pengusaha kita. Bahwa ternyata pelaksanaan pesta demokrasi bisa lebih lancar aman,” katanya. (*)


div>