SELASA , 16 JANUARI 2018

Registrasi Kartu Prabayar Divalidasi dengan Data NIK, Ini Tahapannya!

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Kamis , 12 Oktober 2017 11:00
Registrasi Kartu Prabayar Divalidasi dengan Data NIK, Ini Tahapannya!

Ilustrasi ((Beky Subechi/Jawa Pos))

JAKARTA, RAKYATSULSEL.COM – Demi peningkatan perlindungan hak pelanggan jasa telekomunikasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika akan memberlakukan registrasi nomor pelanggan yang divalidasi dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Aturan itu akan mulai diberlakukan tanggal 31 Oktober 2017.

Penetapan ini diatur dalam Peraturan Menteri Kominfo Nomor 12 Tahun 2016, Tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi yang terakhir telah diubah dengan Permen Kominfo Nomor : 14 Tahun 2017, tentang Perubahan atas Peraturan Menkominfo Nomor 12 Tahun 2016 ihwal Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi.

Registrasi ini merupakan upaya pemerintah dalam mencegah penyalahgunaan nomor pelanggan terutama pelanggan prabayar.

“Kebijakan ini sebagai komitmen Pemerintah dalam upaya memberikan perlindungan kepada konsumen serta untuk kepentingan nasional single identity,” kata Kabiro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika Noor Iza, Rabu (11/10).

Proses Registrasi

Tahapan pertama dimulai dengan proses registrasi. Beberapa poin penting pelaksanaan registrasi pelanggan jasa telekomunikasi adalah,

Pertama, diberlakukan validasi data calon pelanggan dan pelanggan lama berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK), yang terekam di database Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil).


div>