RABU , 13 DESEMBER 2017

REI-BPN Sepakati Percepatan Penerbitan dan Pemecahan Sertifikat

Reporter:

Editor:

Sofyan Basri

Senin , 23 Oktober 2017 21:26
REI-BPN Sepakati Percepatan Penerbitan dan Pemecahan Sertifikat

ASEP/RAKYATSULSEL/C SILATURAHMI. Kepala Kanwil BPN Sulsel HM Hikmad (kanan) menerima Ketua DPD REI Sulsel HM Sadiq (kedua kanan) bersama rombongan saat melakukan silaturahmi ke Kantor BPN Sulsel, Jl Cenderawasih Makassar, Senin (23/10).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah Realestat Indonesia (DPD REI) Sulsel yang baru saja terpilih dan dilantik dibawah kepemimpinan HM Sadiq melakukan langkah kongkret dalam memberikan kemudahan kepada anggotanya. Salah satunya pada bidang pertanahan. Yaitu menemui Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sulsel, HM Hikmad di kantornya, Senin (23/10).

Hasilnya disepakati sejumlah poin yang diharapkan akan memberikan kemudahan kepada pengembang (developer) anggota REI Sulsel dalam memenuhi kebutuhan rumah layak dengan harga yang terjangkau di Sulsel.

“Alhamdulillah, kita telah melakukan pertemuan dengan Kanwil BPN Sulsel. Hasilnya, ada enam poin penting yang diharapkan akan memberikan kemudahan kepada anggota REI Sulsel,” jelasnya.

Sadiq mengatakan, poin pertama adalah permintaan percepatan dalam pelaksanaan penerbitan dan pemecahan sertifikat. “Jumlah hari penerbitan setelah dinyatakan lengkap administrasi dari para anggota REI,” jelasnya.

Poin kedua adalah penyeragaman biaya penerbitan dan pemecahan kepada seluruh anggota REI di setiap kabupaten/kota masing-masing. Ketiga, pembentukan Kelompok Kerja (Pokja) dengan melibatkan Kepala Kanwil dan seluruh Kepala Kantor BPN se-Sulsel serta anggota REI yang membidangi. Keempat, sesegera mungkin melaksanakan pertemuan antara BPN-REI-Notaris.

Kelima, penyediaan alat peralatan ukur, guna percepatan kinerja BPN dalam merealisasikan pengukuran bidang, serta pemetaan sertifikat milik anggota REI. Dan keenam adalah akan rutin melaksanakan afternoon coffee bersama Kepala Kanwil BPN Sulsel sekali sebulan. Guna bincang lepas dan mengevaluasi kinerja BPN yang terkait.

Wakil Ketua Bidang Pertanahan DPD REI Sulsel, Edy Arsyam, menambahkan, pertemuan ini guna memperkuat pokja di bidang pertanahan. Salah satunya dengan melakukan penyediaan alat peralatan ukur, guna percepatan kinerja BPN dalam merealisasikan pengukuran bidang, serta pemetaan sertifikat milik anggota REI.


div>