SELASA , 11 DESEMBER 2018

Rekap Suara di Tingkat Kecamatan, Saksi FAS Enggan Bertandatangan, Ada Apa?

Reporter:

Editor:

Ridwan Lallo

Jumat , 29 Juni 2018 23:02
Rekap Suara di Tingkat Kecamatan, Saksi FAS Enggan Bertandatangan, Ada Apa?

int

PAREPARE, RAKSUL.COM- Saksi pasangan calon (paslon) Faisal Andi Sapada-Asriadi Samad (FAS) enggan bertanda tangan dalam catatan hasil penghitungan suara dari masing-masing TPS di setiap kelurahan pada rapat pleno rekapitulasi tingkat kecamatan, Jumat, (29/6/2018).

Dari rapat pleno rekapitulasi tersebut, nampak para saksi FAS menolak menandatangani catatan rekapitulasi tersebut, meskipun C1 yang dipegang sudah sesuai dengan hasil rekapitulasi yang dipajang penyelenggara.

Ditanya soal potensi “bermain” yang akan timbul ke depannya, Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Bacukiki, Abdul Thalib mengatakan, jika pihaknya telah meminta para saksi untuk bertanda tangan, namun saksi FAS bersikukuh tak ingin bertanda tangan. Kendati demikian, pihaknya bersama PPK telah mengantisipasi hal itu.

“Berapa kali kami minta, tapi ditolak dan tidak mau juga sampaikan alasannya. Tapi kami berharap alasan itu dituangkan ke dalam berita acara, soalnya kalau itu ditunggu, maka tidak selesai-selesaimi rekapitulasi. Tapi intinya kami punya daftar hadir peserta, dan dokumentasi kehadiran saksi,” kata Abdul Thalib.

Hal senada juga dikatakan Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Bacukiki, Zulkarnaim. Menurutnya, para saksi 02 menolak bertanda tangan, tapi tidak menjadi alasan untuk menghambat jalannya rekapitulasi.

“Itu bukan kewajiban, tapi hak mereka mau bertanda tangan atau tidak, yang penting kita punya daftar hadir yang menguatkan dan dokumentasi, jadi jika kemudian mereka keberatan dengan hasilnya, maka kita akan perlihatkan daftar hadir itu. Lagian, nantinya ada juga rekapitulasi kecamatan setelah semua kelurahan dirampungkan,” paparnya.

Terpisah, Ketua PPK Kecamatan Bacukiki Barat, Ahmad Hale juga mengungkapkan hal yang sama, jika tak ada perubahan data antara saksi dan catatan rekapitulasi.

“Sejauh yang kita rekap, tidak ada perubahan dengan C1 yang dipegang saksi. Andai ada perubahan, pasti akan langsung disanggah oleh saksi,” ujarnya.

Dari dua kecamatan, seperti Bacukiki dan Bacukiki Barat, tiga kelurahan yang telah rampung di dua kecamatan itu, masing-masing Kelurahan Watang Bacukiki, Lemoe, dan Tiro Sompe. Dari pantauan awak media, tiga kelurahan ini, tidak dibubuhi tanda tangan saksi FAS hingga catatan hasil rekapitulasi tersebut dimasukkan ke kotak suara. 

Berikut catatan hasil perhitungan suara kelurahan di tingkat kecamatan yang sudah rampung.

1. Watang Bacukiki (5 TPS)
TP= 749 
FAS= 526 

2. Lemoe (6 TPS)
TP= 828 
FAS= 803 

3. Tiro Sompe (14 TPS)
TP= 1.742
FAS= 1.763


div>