RABU , 25 APRIL 2018

Rektor UMI Buka Pelatihan Khatib, Imam Rawatib dan Ceramah

Reporter:

Ramlan

Editor:

asharabdullah

Kamis , 28 Desember 2017 11:35
Rektor UMI Buka Pelatihan Khatib, Imam Rawatib dan Ceramah

Rektor UMI, Prof.Dr.Hj.Masrurah Mokhtar, M.A secara resmi membuka sekaligus memberikan materi pada pelatihan khatib, imam rawatib dan ceramah di Aula Prof.Masrurah Mokhtar Kampus 2 UMI, Kamis (28/12). ist

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Rektor UMI, Prof.Dr.Hj.Masrurah Mokhtar, M.A secara resmi membuka sekaligus memberikan materi pada pelatihan khatib, imam rawatib dan ceramah di Aula Prof.Masrurah Mokhtar Kampus 2 UMI, Kamis (28/12).

Hadir sejumlah pimpinan UMI sebagai peserta, yakni para Wakil Dekan dan Ketua Jurusan dalam lingkup UMI.

Masrurah Mokhtar dalam sambutan dan materinya menyatakan, komitmen UMI sangat tinggi sebagai lembaga pendidikan dan lembaga dakwah, mengingat dakwah adalah kewajiban yang telah digariskan Allah dalam Q.S. Ali Imran ayat 105; Waltakun mingkum ummatun yaduuna ilal khaer waya’muruuna bil makruuf wayanhawna anil mungkar, (hendaklah segolongan umat menyeru kepada kebaikan, mengajak kepada yang makruf, mencegah dari dari kemungkaran.

“Untuk itu pimpinan UMI harus mengambil peran dakwah ini, apalagi masyarakat sudah tahu bahwa UMI sebagai gudangnya para da’i/penceramah,” tuturnya.

Dia menambahkan, dirinya sendiri sudah mulai berdakwah sejak tahun 1997. Ia belajar ceramah secara otodidak. “Dan alhamdulillah masih terus berdakwah sampai sekarang. Untuk itu kepada seluruh peserta agar memamfaatkan peluang pelatihan ini untuk meraih ilmu dan keterampilan dalam berceramah/berdakwah,” harap Masrurah.

Lanjut, Masruah yang juga alumni pelatihan kepemimpinan di Australia ini mengingatkan agar berhati-hati dalam melaksanakan dakwah.

“Jangan sampai apa yang didakwahkan, tidak dapat dilaksanakan Al-Qur’an menegur orang yang demikian itu, “Kabura maktan indallaahi antakuulu maa laa taf aluin” artinya Allah tidak menyukai orang yang menyuruh orang lain berbuat baik, tetapi ia sendiri tidak melakukannya,” katanya.

Sementara itu, Ketua LPDKI UMI, Dr.HM.Ishaq Shamad, M.A, mengatakan, kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari amanah ketua yayasan wakaf UMI agar semua pimpinan di UMI wajib pandai khutbah atau ceramah, termasuk menjadi imam rawatib.

“Ini adalah arahan dari ketua yayasan wakaf UMI untuk menyelenggarakan pelatihan ini, agar semua petinggi UMI dapat berkhutbah dengan baik,” jelasnya. (*)


div>