RABU , 22 AGUSTUS 2018

Renovasi TMP Mandek

Reporter:

Editor:

hur

Sabtu , 30 April 2016 08:00

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Renovasi Taman Makam Pahlawan (TMP) Panaikang yang dianggarkan sejak 2014 lalu, belum dilanjutkan hingga saat ini. Berdasarkan pantauan Rakyat Sulsel, hasil renovasi hanya terlihat pada bagian tengah dan lapangan upacara TMP. Padahal, disebutkan renovasi juga dilakukan pada pagar dan gedung yang ada di dalam TMP.

Saat dikonfirmasi, Wakil Gubernur mengaku belum mengetahui pasti sejauh mana perkembangan renovasi TMP. “Belum, belum. Tapi, kemarin laporannya sudah hampir selesai,” ujarnya, Jumat (29/4).

Ditanyai soal target penyelesaian yang diberikan, Agus kembali menyerahkan ke pihak Dinas Sosial. “Saya tidak tahu, tanya Kadis Sosial,” katanya.

Namun, sayangnya, Kepala Dinas Sosial Sulsel, Andi Ilham Gazaling, hingga saat ini belum dapat memberikan konfirmasi terkait progres renovasi TMP dengan alasan sementara mengikuti training of trainer (TOT) lingkup Pempov Sulsel. “Lagi TOT ka,” ucapnya melalui pesan singkat saat dihubungi Rakyat Sulsel.

Sebelumnya, Ilham mengaku tak tahu pasti soal perencanaan dua tahun lalu. Anggaran yang tersedia, itu sesuai dengan renovasi yang dilakukan. “Hanya seperti itu perencanaannya. Memang masih ada beberapa pekerjaan yang belum. Misalnya pagar, kita ini sementara cari-carikan anggaran di kementerian,” ucap Ilham.

Salah satu honorer pengelola TMP yang ditemui di TMP, Supri, mengatakan, pembangunan TMP masih akan berlanjut tahun ini. “Sudah dikirim katanya berkasnya ke Jakarta. Yang mau dibenahi itu pagar dan gedung ini,” ujarnya seraya menunjuk salah satu gedung kumuh di TMP.

Untuk diketahui, dua tahun renovasi ini berjalan, menghabiskan anggaran Rp8 miliar. Terdiri atas Rp 5 miliar dari APBN 2015 dan Rp2 miliar APBD 2015, dan Rp 1 miliar APBD 2014 lalu.

Dari perencanaan, TMP akan dibuat seperti TMP di Kalibata di Jakarta Selatan. Di dalamnya akan dibuat museum dan taman baca untuk bersantai. Namun, renovasi yang dilakukan sebatas pembehan gerbang dan lapangan upacara. Sementara museum dan taman baca tak terealisasikan.

Padahal, Dinas Sosial pernah diinstruksikan membenahi Taman Makam Pahlawan Panaikang oleh Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo. Hal itu diutarakan beberapa bulan lalu. Namun sayang, hingga akhir tahun 2015 lewat dan memasuki 2016, instruksi itu belum direalisasikan.

Seluruh Kepala SKPD diharapkan berintegritas terhadap tugas dan kewajibannya. Kalaupun ada yang gagal melaksanakan tugas, Syahrul mengaku tidak suka jika yang bersangkutan memilih mundur, seperti yang dilakukan pejabat di tingkat pusat.

“Kalau ada yang gagal, saya lebih suka jika yang bersangkutan bertanggung jawab. Itu bentuk integritasnya. Mundur juga buka sesuatu yang paling baik. Tanggung jawabko,” ucapnya.


Tag
  • Renovasi TMP
  •  
    div>