KAMIS , 15 NOVEMBER 2018

Rentan Pangan, Sejumlah Desa Perlu Perhatian Serius Pemkab Bulukumba

Reporter:

Salahuddin

Editor:

Iskanto

Senin , 22 Oktober 2018 15:05
Rentan Pangan, Sejumlah Desa Perlu Perhatian Serius Pemkab Bulukumba

Sejumlah ibu yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani, tengah menanam jenis tanaman pangan dipekarangan rumah sendiri. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program yang digagas Dinas Ketahanan Pangan Pemkab Bulukumba.

BULUKUMBA, RAKYAT SULSEL.COM – Dinas Ketahanan Pangan merilis hasil survei terhadap wilayah tahan pangan dan wilayah rentan pangan. Survei dilakukan di 136 desa dan kelurahan di Bulukumba.

Ada beberapa aspek jadi penilaian dalam buku yang memuat peta komposit wilayah tahan atau rentan pangan di 136 desa dan kelurahan. Aspek tersebut meliputi kondisi jalan, sarana dan prasarana pendidikan, air bersih, listrik, rasio anak yang tidak sekolah, warung makan dan jumlah toko.

“Desa Kahayya di Kecamatan Kindang, perlu mendapat perhatian serius. Desa Kahayya jadi prioritas utama. Dan enam desa lainnya masuk prioritas kedua,” kata Kepala Seksi Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Bulukumba, Dani Susanto.

Enam desa yang masuk dalam prioritas kedua adalah Desa Possi Tanah, Pattiroang, Sapanang, Batinilamung, Tanahtoa, serta Desa Malleleng. Dan semuanya berada di Kecamatan Kajang.

Dinas Ketahanan Pangan Bulukumba sendiri berupaya mengatasi hal itu dengan memberikan bantuan dan edukasi kepada masyarakat untuk menanam pangan sendiri. Terutama dipekarangann rumah sendiri.(*)


div>