SELASA , 22 MEI 2018

Resmikan Gedung KKSS di Sorong, Agus Harap Kontribusi untuk Papua Barat

Reporter:

Al Amin

Editor:

Lukman

Rabu , 13 Desember 2017 08:30
Resmikan Gedung KKSS di Sorong, Agus Harap Kontribusi untuk Papua Barat

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu'mang melakukan peletakan batu pertama pembangunan sekretariat KKSS di Pasar Baru atau lebih dikenal masyarakat setempat Kampung Makassar, Selasa (12/12).

SORONG, RAKYATSULSEL.COM – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Agus Arifin Nu’mang menyatakan kekagumannya atas kekompakan dan kebersamaan warga Sulawesi Selatan yang berdomisili di Papua Barat, khususnya yang berdiam di Kota Sorong dalam membangun Kantor Sekretariat Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kota Sorong.

Kantor Sekretariat KKSS yang direncanakan berlantai tiga dengan ukuran bangunan dua puluh meter kali lima belas meter, diletakkan batu pertamanya oleh Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu’mang di Pasar Baru atau lebih dikenal masyarakat setempat Kampung Makassar, Selasa (12/12).

Agus mengakui saat berada di Kota Sorong terasa di Sulsel karena suasana persaudaraan yang hangat dan sangat akrab dengan warga KKSS yang ada di Sorong.

“Memang patut diakui kalau suasana seperti ini sudah terbangun sejak lama di sini,” ujarnya.

Mantan Ketua DPRD Sulawesi Selatan itu, meminta kepada KKSS agar memberi peran positif dalam pembangunan demi kemajuan Papua Barat, khususnya Kota Sorong dengan memegang teguh falsafah dimana kaki berpijak, disitu langit dijunjung.

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan dua periode itu meminta kepada Gubernur Papua Barat agar tidak henti hentinya memberikan pembinaan kepada warga Sulawesi Selatan yang ada di Papua Barat sehingga mereka dapat memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan Kota Sorong pada khususnya, dan Papua Barat pada umumnya.

Dihadapan Gubernur Papua Barat, Agus AN berjanji akan menjaga dan terus memeberikan bimbingan kepada warga Papua yang berdomisili di Sulsel, agar menjadi warga produktif sehingga dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan Sulawesi Selatan.

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan yang hadir memenuhi undangan KKSS Kota Sorong dengan menggunakan songkok dan sarung sutera khas Bugis, dalam sambutannya mengatakan bahwa warga Sulawesi Selatan datang ke Papua mengatasi berbagai kekurangan di Tanah Papua.

Dominggus mengakui kalau warga Sulawesi Selatan ada dimana mana diwilayah Tanah Papua sehingga dapat membantu masyarakat Papua dengan berbagai hal, seperti memberikan keterampilan khusus serta sektor ekonom.

“Dulu susah sekali kami mendapatkan pulsa telpon dan bahan pokok sehari hari, tetapi karena kehadiran warga Sulawesi Selatan di Tanah Papua, semua menjadi mudah, kini pulsa dan bahan pokok sudah sangat mudah kami dapatkan hingga dipelosok pedesaan,” ujar Dominggus.

Dominggus berharap kepada warga KKSS agar dapat menularkan keterampilan dan kemampuannya kepada warga Papua khususnya dibidang perekonomian, sehingga kelak kehidupan warga Papua dapat setara dengan warga lainnya yang ada di Indonesia. (*)


div>